Koeman Takkan Pinggirkan Suarez jika Bertahan di Barcelona

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 46 2279042 koeman-takkan-pinggirkan-suarez-jika-bertahan-di-barcelona-uJALZqDPb5.jpg Luis Suarez masih belum masuk skuad Barcelona (Foto: FC Barcelona)

BARCELONA – Nama Luis Suarez kembali menghilang dari daftar susunan pemain Barcelona kala menjamu Girona pada laga uji coba, Kamis (17/9/2020) dini hari WIB. Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, menjanjikan satu tempat bagi El Pistolero jika memutuskan bertahan.

Sekadar informasi, Luis Suarez sudah diberi tahu oleh Ronald Koeman bahwa dirinya tidak masuk dalam rencana sang pelatih di musim 2020-2021. Pemain asal Uruguay itu langsung merasa tidak betah dan meminta dijual ke klub lain.

Spekulasi mengenai masa depan Luis Suarez pun bergulir liar. Sejumlah klub dikabarkan siap menampung pemain berusia 33 tahun itu. Juventus, Atletico Madrid, dan Paris Saint-Germain (PSG), sudah mengantre untuk tanda tangannya.

Baca juga: Tekuk Girona 3-1, Koeman Senang Barcelona Tunjukkan Progres

Luis Suarez berlatih di Barcelona (Foto: Barcelona)

Akan tetapi, hingga kini belum ada kepastian ke mana Luis Suarez akan berlabuh. Melihat situasi tersebut, Ronald Koeman coba membesarkan hati anak asuhnya. Ia berjanji untuk memasang Suarez jika memutuskan bertahan semusim lagi.

“Suarez akan menjadi salah satu anggota skuad jika dia bertahan. Saya sudah berbicara dengan Luis pagi ini (sebelum pertandingan),” tegas Ronald Koeman sesuai Barcelona menghajar Girona 3-1, dikutip dari Goal, Kamis (17/9/2020).

“Kami masih harus menunggu apakah ada jalan keluar atau tidak. Kami menghormati kontrak para pemain dan sejak hari pertama, kami sudah mengatakan jika dia bertahan, maka akan menjadi bagian dari skuad,” sambung pria asal Belanda itu.

Kontrak Luis Suarez sendiri bersama Barcelona hanya tinggal semusim lagi. Pihak klub sepertinya enggan menawari perpanjangan kontrak meningat usianya sudah tidak muda lagi. Sebab, Barcelona tengah mengusung proyek peremajaan skuad bersama Ronald Koeman.

Walau sudah tidak muda lagi, kualitas serta ketajaman Luis Suarez tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Pria kelahiran Salto itu masih mampu mengukir 21 gol dan 12 assist dalam 36 pertandingan di semua kompetisi sepanjang 2019-2020.

Catatan golnya bersama Barcelona sejak bergabung pada 2014 juga sangat bagus. Luis Suarez menjebol gawang lawan sebanyak 198 kali dan berkontribusi dengan melepas 109 assist dalam 283 penampilan. Koleksi itu hanya bisa dikalahkan oleh Lionel Messi di skuad Barcelona saat ini.

Tidak heran, masih cukup banyak klub yang siap menampung Luis Suarez. Apalagi, harga jual sang pemain dikabarkan hanya 3,5 juta Euro (setara Rp61,2 miliar). Dengan pengalaman dan ketajaman yang dimilikinya, tidak akan sulit buat Luis Suarez hengkang ke klub lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini