Kedatangan Sandro Tonali, Begini Formasi AC Milan Musim Depan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 47 2275978 kedatangan-sandro-tonali-begini-formasi-ac-milan-musim-depan-2FcZnFnECp.jpg Sandro Tonali berlatih di Milanello (Foto: AC Milan)

MILAN – AC Milan resmi mendatangkan Sandro Tonali dari Brescia pada musim panas 2020. Pemain berusia 20 tahun itu diangkut dengan status pinjaman selama semusim. Walau dipinjam, Rossoneri harus membayar biaya peminjaman sebesar 10 juta Euro (setara Rp17,77 miliar).

Sebetulnya, Sandro Tonali lebih santer diberitakan bakal bergabung dengan Inter Milan. Kedua pihak bahkan sudah mencapai kesepakatan pada April 2020. Sayangnya, pemain asal Italia itu lalu berpaling ketika AC Milan mengajukan tawaran.

Sandro Tonali ternyata hanya ingin membela AC Milan. Sebab, klub pengoleksi 18 scudetto itu adalah kesebelasan impiannya semasa kecil. Pemain yang dijuluki The Next Andrea Pirlo itu benar-benar mengikuti jejak sang maestro dengan membela Il Diavolo Rosso.

Baca juga: Resmi Gabung AC Milan, Tonali: Ini Mimpi yang Jadi Nyata

Sandro Tonali bersama keluarganya

Kedatangan Sandro Tonali jelas semakin membuat pelatih Stefano Pioli leluasa merancang formasi serta meracik strategi. Pemain bertinggi badan 181 sentimeter (cm) itu dapat bermain sebagai gelandang bertahan di depan para bek, atau berdiri sejajar sebagai gelandang tengah.

Pria kelahiran Lodi itu akan menambah kreativitas di lini tengah AC Milan. Walau lebih sering bermain ke dalam, Sandro Tonali tercatat melepaskan tujuh assist dan mencetak satu gol pada Liga Italia 2019-2020 yang merupakan musim debutnya.

Dalam berbagai kesempatan, Stefano Pioli menggeber formasi 4-2-3-1. Dari dua double pivot yang diturunkan, salah satu biasanya berperan untuk menjaga ritme bola. Peran tersebut bisa diberikan kepada Sandro Tonali.

Pemain yang akan memakai nomor punggung 8 itu bakal membentuk trio di lini tengah bersama Franck Kessie dan Hakan Calhanoglu. Pesepakbola yang namanya disebut terakhir akan berperan sebagai pengatur serangan, sedangkan Tonali bisa mengatur ritme dengan peran deep-lying playmaker.

Pendampingnya di lini tengah adalah Franck Kessie. Mengapa pemain asal Pantai Gading itu? Sandro Tonali memiliki kelemahan berupa duel udara dan tekel. Kehadiran Franck Kessie di sisinya amat berguna untuk menjaga keseimbangan sebagai perusak permainan lawan.

Sementara itu, posisi penjaga gawang akan tetap menjadi milik Gianluigi Donnarumma. Walau AC Milan ingin mendatangkan Ciprian Tatarusanu, posisi kiper berkebangsaan Italia itu tidak akan tergoyahkan. Tatarusanu hanya akan menjadi pelapis utama.

Berikut formasi AC Milan musim depan dengan kedatangan Sandro Tonali.

AC Milan (4-2-3-1): Gianluigi Donnarumma; Davide Calabria, Simon Kjaer, Alessio Romagnoli, Theo Hernandez; Sandro Tonali, Franck Kessie; Samu Castillejo, Hakan Calhanoglu, Ante Rebic; Zlatan Ibrahimovic

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini