Apa yang Disampaikan Ronald Koeman saat Messi Latihan Perdana?

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 18:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 46 2274591 apa-yang-disampaikan-ronald-koeman-saat-messi-latihan-perdana-NXSyJR8OXT.jpg Lionel Messi. (Foto/FC Barcelona)

BARCELONA – Pelatih baru Barcelona, Ronald Koeman dikabarkan berbicara singkat dengan Lionel Messi setelah sang megabintang untuk pertama kalinya bergabung dalam sesi latihan. Sebelumnya, Messi tidak mengikuti sesi latihan di tengah langkahnya ingin pindah dari Camp Nou.

Messi sebelumnya memberi tahu Barcelona bahwa dia ingin berganti seragam dan berusaha mengaktifkan klausul pelepasannya yang membuat dia bisa pergi dengan status bebas transfer. Namun, raksasa Catalan bersikeras bahwa klausul pelepasannya sudah kedaluwarsa, dan klub yang berminat harus membayar klausul pelepasan sebesar 700 juta euro sekira (Rp12 triliun).

Foto/Twitter FC Barcelona

Pemain berusia 33 tahun itu kemudian melakukan wawancara dengan mengecam Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu yang dianggapnya tidak menepati janji. Meski begitu, dia memilih tetap bertahan bersama Barcelona hingga kontraknya habis Juni tahun depan.

Baca juga: Barcelona Akan Gunakan Samuel Umtiti untuk Rekrut Memphis Depay

Pada Senin 7 September 2020 waktu setempat, Messi terlihat latihan di fasilitas pelatihan Barca, Ciutat Esportiva untuk pertama kalinya. Dia tiba 30 menit lebih awal sebelum rekan-rekannya.

Menurut media Spanyol Mundo Deportivo, pemenang Ballon d'Or enam kali itu ingin memberi contoh kepada rekan satu timnya. Dia ingin membuktikan bahwa dia berkomitmen memberikan yang terbaik meskipun ingin meninggalkan Barcelona.

Sebelum sesi latihan, Koeman dikabarkan mengajak Messi mengobrol sebentar. Mundo melaporkan, Koeman memberi tahu Messi betapa bahagianya dia karena pemain sang ikon Barcelona memilih bertahan. Namun, dia menekankan hanya menginginkan pemain yang berkomitmen untuk klub.

Foto/Twitter FC Barcelona

Sementara Messi berjanji bahwa dia akan mengerahkan segala kemampuannya. Koeman menambahkan bahwa dia akan memperlakukan Messi sebagai pemain spesial, meskipun dia tidak akan menerima perlakuan khusus seperti yang dia terima saat dilatih Quique Setien.

Saat latihan perdana, Messi berlatih sendirian untuk mengembalikan kebugaran fisiknya. Selain Messi, rekan setimnya, Philippe Coutinho juga berlatih sendirian. Keduanya akan bergabung dengan kolega mereka keesokan harinya waktu setempat.

Terpaksa bertahan

Messi sebelumnya telah menyatakan keinginannya untuk pergi dari Camp Nou melalui faks yang dia kirimkan kepada manajemen Blaugrana—julukan—Barcelona. Dalam pesannya tersebut dia menyampaikan keinginannya untuk mengaktifkan klausul pelepasan setiap akhir musim.

Messi memang istimewa. Setiap akhir musim, dia berhak berganti seragam dengan status bebas transfer. Hal ini juga tertuang dalam salah satu klausul kontraknya. Namun, akibat pandemi semuanya buyar.

Foto/Twitter FC Barcelona

Musim sepakbola 2019-2020 yang seharusnya berakhir pada Juni silam menjadi mundur. Messi dan pengacaranya menilai sepakbola musim lalu berakhir usai Liga Champions, yakni 23 Agustus 2020.

Namun, Barcelona bersikeras. Mereka menyatakan bahwa musim sepakbola tetap berakhir pada Juni lalu. La Liga pun ikut mengiternvensi. Operator Liga Spanyol menguatkan pernyataan manajemen Barcelona.

Dengan keputusan seperti itu, Messi atau klub yang menginginkan jasanya harus membayar pelepasan klausulnya sebesar 700 juta euro (sekira Rp12 triliun). Jumlah itu sangat besar, juga untuk Messi sekalipun.

“Mereka bersikeras pada fakta saya tidak mengutarakan itu semua sebelum 10 Juni. Pada 10 Juni, kami masih bermain di La Liga Spanyol dan berada di tengah-tengah situasi sulit pandemi Covid-19 yang berdampak pada musim,” tutur Messi kepada Goal.

“Dan itu jadi alasan mengapa saya akan bertahan di klub. Sekarang saya akan bersama klub karena presiden mengatakan satu-satunya jalan bagi saya untuk pergi adalah membayar klausus 700 juta euro dan itu mustahil,” pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini