Lionel Messi Pergi, Ansu Fati Pegang Nomor 10 di Barcelona?

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 07 September 2020 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 46 2273674 lionel-messi-pergi-ansu-fati-pegang-nomor-10-di-barcelona-okYkpkCgul.jpg Messi dan Ansu Fati saat berpelukan. (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

BARCELONA Barcelona sempat memiliki pemain sekelas Ronaldinho Gaucho. Selama lima tahun (2003-2008) berkarier di Estadio Camp Nou, Ronaldinho tercatat dua kali merebut status pemain terbaik dunia, tepatnya pada 2004 dan 2005.

Meski menyabet gelar pemain terbaik dunia, Ronaldinho tidak besar kepala. Pemain asal Brasil itu mau membimbing sejumlah pemain muda Barcelona saat itu, salah satunya Lionel Messi.

Messi vs Ronaldo

(Ronaldinho dan Messi saat bekerja sama di Barcelona)

Berkat bantuan dari Ronaldinho juga, Messi tumbuh sebagai pesepakbola top. Bahkan ketika Ronaldinho meninggalkan Barcelona pada 2008, nomor 10 yang digunakannya di Blaugrana –julukan Barcelona– diwariskan kepada Messi.

Pernah mendapat perlakuan menyenangkan dari sang senior membuat Messi melakukan hal serupa ketika naik jabatan. Messi yang kini berusia 33 tahun, dikenal mengayomi sejumlah pemain muda milik Barcelona.

Salah satu pemain muda yang diayomi Messi adalah Ansu Fati. Pemain keturunan Guinnea-Bissau ini dipromosikan ke tim senior Barcelona pada musim 2019-2020, atau ketika usianya baru 16 tahun!

BACA JUGA: Masa Depan Lionel Messi di Barcelona Ditentukan Maret 2021

Ansu Fati dipromosikan karena sejumlah pemain senior di lini depan Barcelona seperti Lionel Messi dan Ousmane Dembele mengalami cedera. Kesempatan yang diberikan pelatih Barcelona saat itu tidak disia-siakan Ansu Fati.

Turun dalam 33 pertandingan di semua kompetisi, Ansu Fati mengoleksi delapan gol dan satu assist. Jumlah delapan gol jelas impresif bagi pesepakbola yang kini baru berusia 17 tahun tersebut.

Ansu Fati

(Ansu Fati, tampil apik bersama Barcelona)

Permainan moncer yang ditunjukkan Ansu Fati, membuatnya dipanggil pelatih Tim Nasional Senior Spanyol, Luis Enrique. Ansu Fati menjalani debut bersama Timnas Spanyol saat bersua Jerman di UEFA Nations League A 2020-2021 akhir pekan lalu.

Turun 45 menit di laga tersebut membuat Ansu Fati tercatat sebagai pemain termuda yang pernah membela Timnas Spanyol. Hal luar biasa dicetak Ansu Fati dini hari tadi, saat Spanyol menang 4-0 atas Ukraina.

Mentas sejak awal laga, Ansu Fati mengoleksi satu gol! Ansu Fati tercatat sebagai pemain termuda yang mencetak gol bagi Timnas Spanyol, yakni 17 tahun dan 311 hari! Ia juga berperan di gol pertama Spanyol yang dikemas Sergio Ramos via titik putih.

Karena itu, ketika Messi pergi meninggalkan Barcelona, kubu Blaugrana tak perlu mencari sosok penggantinya. Sebab, Ansu Fati dapat dibebankan menggantikan peran Messi, termasuk mewarisi nomor 10 di Blaugrana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini