Masa Depan Lionel Messi di Barcelona Ditentukan Maret 2021

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 07 September 2020 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 46 2273652 masa-depan-lionel-messi-di-barcelona-ditentukan-maret-2021-LiCm2Umk2S.JPG Messi bisa perpanjang kontrak pada Maret 2021. (Foto: Laman resmi Barcelona)

BARCELONALionel Messi memastikan bertahan di Barcelona pada Jumat 4 September 2020. La Pulga –julukan Messi– mengumumkan kepastiannya bertahan di Barcelona ketika diwawancarai Goal International.

Dalam wawancara itu, La Pulga –julukan Messi– menilai bisa saja hengkang secara gratis pada bursa transfer musim panas 2020. Namun, manajemen Barcelona kekeuh kepada pendirian mereka, yakni baru akan melepas Messi jika ada klub yang berani mengeluarkan 700 juta euro atau sekira Rp12,2 triliun.

Lionel Messi

Dalam aturan Financial Fair Play (FFP) yang sangat ketat, sulit bagi klub peminat untuk mendatangkan Messi sesuai nominal di atas. Karena itu, Messi memilih bertahan di Barcelona, setidaknya hingga kontrak Messi berakhir pada 30 Juni 2021.

Namun, Messi bisa saja melanjutkan masa baktinya di Barcelona jika satu hal. Menurut laporan Sport, Senin (7/9/2020), La Pulga akan memperpanjang kontrak jika Josep Maria Bartomeu kalah dalam pemilihan umum presiden Barcelona yang diadakan pada 15 Maret 2021.

Di tanggal tersebut, Bartomeu akan bersaing dengan sejumlah nama kandidat lain seperti Joan Laporta, Victor Font dan Jordi Merre. Jika Bartomeu kalah dalam pemilihan itu, Messi kemungkinan besar bertahan di Barcelona.

BACA JUGA: Batal Hengkang, Messi Kembali Latihan Bersama Skuad Barcelona Hari Ini

Bukan rahasia umum lagi, Messi memiliki hubungan yang kurang baik dengan Bartomeu dan jajarannya. Bahkan dalam wawancara yang dilakukan Messi dengan Goal International, Messi menyebut Barcelona bak dalam bencana semenjak dipimpin Bartomeu pada Januari 2014.

Karena itu, pemilihan umum presiden Barcelona yang dilangsungkan pada 15 Maret 2021 sangat menentukan arah karier Messi. Sejumlah kandidat presiden Barcelona sudah mengungkapkan janji politiknya.

Josep Maria Bartomeu

(Bartomeu saat memimpin rapat dengan direksi Barcelona)

Laporta yang sempat menjadi presiden Barcelona dari 2003-2010, berjanji akan membawa salah satu dari Xavi Hernandez atau Josep Guardiola jika terpilih sebagai presiden Blaugrana. Keputusan Laporta membawa salah satu dari dua nama di atas membuat Messi semakin nyaman bertahan di Barcelona.

Messi dan Xavi sempat berkolaborasi di tim senior Barcelona dari 2004 hingga 2015. Kemudian dengan Guardiola, Messi pernah bekerja sama selama empat musim, tepatnya dari 2008 hingga 2012.

Meski hanya berkolaborasi empat tahun, Messi dan Guardiola membantu Barcelona memenangkan 14 trofi. Dari 14 trofi, dua di antaranya merupakan gelar Liga Champions.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini