Lionel Messi Resmi Bertahan di Barcelona

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 22:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 46 2272885 lionel-messi-resmi-bertahan-di-barcelona-ZdfuozYh2t.jpg Messi saat dikepung pemain Bilbao. (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

BARCELONA Lionel Messi resmi bertahan di Barcelona. Meski ayah Messi, Jorge Messi, mempermasalahkan perihal klausul lepas Messi, namun La Pulga –julukan Messi– memutuskan bertahan di Barcelona, setidaknya hingga kontraknya berakhir pada 30 Juni 2021.

Malam ini, Jorge Messi baru saja mengeluarkan surat terbuka. Dalam surat terbuka itu, Jorge Messi menyebut klausul lepas Messi yang mencapai 700 juta euro atau sekira Rp12,2 triliun tak berlaku terhitung sejak musim 2019-2020 berakhir.

Messi Kecewa Barcelona Tersingkir dari Liga Champions

Sekadar informasi, klausul 700 juta euro itulah yang membuat klub-klub peminat Messi tak lagi memburu pesepakbola 33 tahun tersebut. Dalam pandangan Barcelona dan La Liga selaku operator kompetisi Liga Spanyol, selepas 10 Juni 2020, klub peminat mesti mengeluarkan uang 700 juta euro untuk mendatangkan Messi.

Di tengah ketatnya aturan Financial Fair Play (FFP), sulit bagi tim mana pun di Eropa untuk menebus nominal di atas. Karena itu, Jorge Messi mengungkap kekesalannya melalui surat terbuka.

“Kami tidak tahu kontrak mana yang mereka (La Liga) analisa dan atas dasar apa mereka menyimpulkan yang disebutkan itu akan memiliki klausul pemutusan yang berlaku, jika pemain memutuskan menggunakan klausul sepihak untuk membebaskan dirinya sendiri, yang berlaku pada akhir musim 2019-2020,” tulis pernyataan resmi Jorge Messi, mengutip dari Football Italia, Jumat (4/9/2020).

BACA JUGA: Liga Tegaskan Klausul Pelepasan Messi Tetap Berlaku

“Ini adalah kesalahan besar dari La Liga. Sesuai klausul nomor 8.2.3.6 dari kontrak pemain menyatakan, ‘Kompensasi tidak akan berlaku jika pemutusan kontrak dengan keputusan sepihak dari pemain mulai berlaku akhir musim 2019-2020. Dengan demikian, sangat jelas klausul pelepasan 700 juta euro tidak berlaku,” lanjut pria 62 tahun itu.

Mendapat pernyataan di atas dari Jorge Messi, kubu La Liga langsung mengeluarkan pernyataan. Mereka menilai klausul lepas Messi yang senilai 700 juta euro masih berlaku hingga kini.

Messi Kecewa Barcelona Tersingkir dari Liga Champions

“La Liga merespons pesan yang diungkap perwakilan Messi. La Liga mencatat penafsiran mereka atas kontrak itu di luar konteks. La Liga mengulangi pernyataan yang pernah diterbitkan pada 30 Agustus 2020,” tulis pernyataan La Liga.

Meski ada perdebatan di atas, Messi pada akhirnya memilih bertahan di Barcelona. Jurnalis olahraga asal Italia, Fabrizio Romano, mengonfirmasi Messi bertahan karena tak ada klub yang sanggup menebus 700 juta euro.

“Leo Messi resmi: Ia akan bertahan di Barcelona musim depan setelah klub menolak menjualnya di bawah harga 700 juta euro,” tulis Romano di akun Twitter-nya @FabrizioRomano.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini