Lionel Messi Bertahan di Barcelona, Mencari Pengisi Winger Kiri Blaugrana

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 46 2272523 lionel-messi-bertahan-di-barcelona-mencari-pengisi-winger-kiri-blaugrana-HYMvaXf0C2.jpg Messi pamerkan trofi Ballon dOr yang dimenangkan. (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

BARCELONA – Kabar baik menerpa fans Barcelona. Pesepakbola andalan mereka, Lionel Messi, hampir dipastikan bertahan di Estadio Camp Nou. Bertahannya Messi juga kabar baik bagi pelatih Barcelona, Ronald Koeman.

Koeman yang dipercaya menggunakan pola 4-3-3, diprediksi akan memercayakan satu posisi winger kanan untuk La Pulga –julukan Messi. Kemudian untuk penyerang tengah, Koeman akan memercayakannya kepada Antoine Griezmann.

Jorge Messi

Kenapa bukan Luis Suarez yang menempati posisi penyerang tengah Barcelona di musim 2020-2021? Hal itu karena per musim 2020-2021, Suarez kemungkinan melanjutkan karier bersama Juventus.

Setelah pengisi winger kanan dan penyerang tengah sudah diketahui, bagaimana untuk area winger kiri? Saat ini ada tiga nama yang dapat diperankan sebagai winger kiri. Mereka ialah Ansu Fati, Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho yang kebetulan sama-sama fasih diperankan sebagai winger kiri.

Namun, Koeman mesti menentukan prioritas sebelum memilih menrurunkan siapa. Jika mencari winger yang memiliki kecepatan tinggi, nama Ansu Fati dan Dembele dapat dipilih.

BACA JUGA: 3 Penyebab Lionel Messi Bertahan di Barcelona

Akan tetapi, jika Koeman mencari winger kiri yang memiliki teknik tinggi, nama Coutinho bisa dikedepankan. Sebelum hengkang ke Barcelona pada musim dingin 2018, Coutinho merupakan winger kiri andalan Liverpool.

Posisi itu ditempati Coutinho dari Januari 2013 hingga awal musim 2017-2018. Sekadar informasi per awal musim 2017-2018, posisi Coutinho digantikan Sadio Mane. Kemudian semenjak Mane beroperasi sebagai winger kiri, Coutinho diperankan pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, di posisi second striker.

Philippe Coutinho

Karena itu, menarik menanti pakem apa yang dipilih Koeman. Jika melihat strategi yang diambil Koeman saat menangani Timnas Belanda, ia lebih memilih memainkan pemain berteknik tinggi seperti Memphis Depay.

Karena itu, Coutinho berpotensi dipilih untuk beroperasi sebagai winger kiri Barcelona. Bukan tak mungkin di bawah arahan Koeman, Coutinho kembali menampilkan performa terbaik, layaknya saat membela Liverpool.

Berikut prakiraan formasi Barcelona pada 2020-2021:

(4-3-3): Ter Stegen; Semedo, Lenglet, Pique, Alba; Busquets, De Jong, Pjanic; Mess, Ansu Fati/Coutinho, Griezmann.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini