3 Penyebab Lionel Messi Bertahan di Barcelona

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 46 2272506 3-penyebab-lionel-messi-bertahan-di-barcelona-Nfr3zL04yo.JPG Messi pilih bertahan di Barcelona. (Foto: Laman resmi Barcelona)

KEPUTUSAN besar diambil Lionel Messi, Jumat (4/9/2020) dini hari WIB. Pesepakbola 33 tahun itu hampir pasti bertahan di Barcelona setelah sang ayah, Jorge Messi, dua kali bertemu dengan presiden Josep Maria Bartomeu.

Sebelum bertemu Bartomeu, ayah Messi mengaku sulit bagi sang anak bertahan di Barcelona. Akan tetapi, setelah dua kali bertemu Bartomeu, pikiran Jorge Messi berubah 180 derajat.

Ia mengatakan “iya” saat ditanya jurnalis apakah ada kemungkinan Messi bertahan di Barcelona. Sebenarnya ada tiga penyebab kenapa Messi memilih bertahan di Barcelona. Apa saja?

Berikut 3 penyebab Lionel Messi bertahan di Barcelona:

3. Tak Bisa Pindah Secara Gratis

Lionel Messi

Messi sempat mengajukan faks kepada manajemen Barcelona pada 25 Agustus 2020. Dalam faks itu tertulis, Messi meminta manajemen Barcelona mengajukan klausul nomor 24 yang ada dikontraknya, yakni pindah secara gratis pada musim panas 2020.

Namun, manajemen Barcelona menolak permintaan Messi. Sebab, dalam peraturan tertulis, Messi bisa mengajukan pindah secara gratis sebelum tanggal 10 Juni 2020. Lepas tanggal tersebut, klub peminat Messi menebus klausul lepas Messi yang mencapai 700 juta euro atau sekira Rp12,2 triliun!

BACA JUGA: Suarez Pindah ke Juventus, Menanti Kombinasi Messi-Griezmann di Barcelona

Di tengah ketatnya aturan Financial Fair Play, sulit bagi tim peminat untuk mendatangkan Messi dengan nominal di atas. Karena itu, satu-satunya pilihan bagi Messi adalah bertahan bersama Barcelona.

2. Bartomeu Dipenjara

Josep Maria Bartomeu

Bartomeu dinilai kepolisian Spanyol melakukan sejumlah transaksi yang menguntungkan dirinya. Menjadi masalah karena saat melakukan transaksi yang menguntungkan dirinya sendiri itu, ia mengatasnamakan Barcelona.

Kabar Bartomeu tersandung masalah muncul setelah bocornya sejumlah dokumen rahasia Barcelona ke publik awal tahun ini. Dalam dokumen tersebut, berisi cara kerja dan transaksi keuangan Barcelona yang dinilai janggal.

Jika Bartomeu jadi dipenjara, Messi semakin yakin untuk bertahan di Camp Nou. Sekadar informasi, Messi dan Bartomeu memiliki hubungan yang kurang baik.

1. Pergi Baik-Baik

Jorge Messi

Jika Messi meninggalkan Barcelona pada musim panas 2020, La Pulga pergi tidak dengan cara yang baik-baik. Sebab, ia meminta manajemen mengaktifkan klausul nomor 24 yang ada dikontraknya.

Pergi dengan tidak baik-baik praktis memburuk citra Messi yang dikenal sebagai pesepakbola tersukses di Barcelona. Messi saat ini tercatat sebagai top skor sepanjang masa Barcelona dengan koleksi 634 gol. Ia juga tercatat sebagai pemain dengan koleksi trofi terbanyak bersama Barcelona, yakni 33 gelar.

Karena itu, Messi tentu ingin memberikan perpisahan yang manis bagi Barcelona. Jika memang pergi dari Barcelona pada musim panas 2021, Messi diyakini akan tampil optimal di musim 2020-2021 demi memberikan sejumlah trofi bergengsi bagi publik Camp Nou.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini