Van De Beek Datang, Persaingan Lini Tengah Man United Makin Ketat

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 45 2272498 van-de-beek-datang-persaingan-lini-tengah-man-united-makin-ketat-Zs9hpPG8EL.jpg Donny van de Beek. (Foto/AFC Ajax)

STOCKHOLM – Bek tengah Menchester United, Victor Lindelof mengatakan bahwa kedatangan Donny van de Beek akan meningkatakan persaingan di Setan Merah. Ia juga tidak sabar dengan untuk bertemu dengan pemain asal Ajax Amsterdam tersebut.

Van De Beek resmi menjadi milik Man United dengan nilai transfer 45 juta euro (sekira Rp786 miliar) dari Ajax. Pemain berusia 23 tahun itu telah menandatangani kontrak selama lima tahun di Old Trafford.

Foto/Twitter Man United

Van de Beek, gelandang Tim Nasional (Timnas) Belanda merupakan pemain serbaguna di lini tengah dengan kemampuan mumpuni mencetak gol. Sejak musim 2015-2016, ia telah mencetak 41 gol dan 34 assist dalam 175 penampilan di semua kompetisi bersama Ajax.

Baca juga: Van De Beek Pindah, Van Der Sar Tulis Surat untuk Fans Man United

Baca juga: Ingin Geser De Gea, Neville: Henderson Harus Beri Bukti

Kehadiran Van de Beek akan menambah lini tengah Man United yang sudah menumpuk. Saat ini Setan Merah telah memiliki Paul Pogba, Bruno Fernandes, Scott McTominay, Nemanja Matic, Fred, Jesse Lingard dan Andre Pereira.

Namun, Lindelof menilai kedatangan Van de Beek bagus untuk persaingan skuad Ole Gunnar Solskjaer. Ia merasa persaingan akan meningkatkan performa tim dan pemain.

"Saya pikir itu adalah rekrutan yang sangat bagus. Dia pemain sepakbola yang sangat bagus. Itu meningkatkan persaingan dan itu selalu bagus untuk tim,” ujarnya mengutip Sport Witness, Jumat (4/9/2020).

“Saya sangat senang klub mendatangkannya dan saya berharap segera bertemu dengannya dan lebih mengenalnya," tambah bek asal Swedia tersebut.

Menurut surat kabar Belanda, Algemeen Dagblad, Solskjaer sudah melakukan percakapan secara video call dengan Van de Beek pada Jumat 28 Agustus 2020 lalu. Solskjaer dalam percakapan tersebut menyampaikan kepada Van de Beek bahwa dia akan memainkan peran gelandang nomor 10.

Foto/Ajax

Peran nomor 10 tradisional umumnya si pemain akan berada tepat di belakang penyerang Man United. Ia memainkan peran sentral dalam menyalurkan bola kepada penyerang.

Namun, jika melihat peran Van de Beek di Ajax serta Timnas Belanda, ia akan bermain sejajar dengan Paul Pogba dalam formasi 4-2-3-1. Kedua pemain ini akan menjadi penyalur serangan dari sepertiga wilayah Man United atau penyambung serangan dari lini belakang. 

Jika Solskjaer memainkan peran nomor punggung 10 kepada Van de Beek, sang pemain juga akan ikut membantu penyerangan serta diberi tugas mencetak gol. Namun, ia juga turut memutus serangan tim lawan. Van De Beek kemungkinan akan memainkan peran gelandang box to box.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini