5 Pemain Termuda yang Menangkan Liga Champions, Nomor 1 Baru 19 Tahun 4 Hari

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 261 2267036 5-pemain-termuda-yang-menangkan-liga-champions-nomor-1-baru-19-tahun-4-hari-g84MjeiKC7.jpg Alphonso Davies memenangi trofi di usia muda (Foto: UEFA)

TROFI Liga Champions menjadi impian nyaris setiap pesepakbola yang berkarier di Eropa. Sebab, trofi berjuluk Si Kuping Besar itu merupakan lambang supremasi klub terbaik di Benua Biru. Bisa dikatakan, gengsi Liga Champions setara dengan Piala Dunia di level tim nasional (timnas).

Mengapa demikian? Sebab, hanya pemain-pemain terbaik saja yang berkesempatan mengangkat trofi tersebut dalam kariernya. Terbaik bukan berarti sang pemain harus berusia matang bahkan senja, tetapi juga bisa masih muda.

Baca juga: 5 Pemain Barcelona Tak Lagi Miliki Masa Depan di Bawah Koeman

Sejumlah pemain pernah merasakan bagaimana nikmatnya mengangkat trofi itu ketika masih berusia muda atau di awal karier. Berikut deretan pemain tersebut, sebagaimana dilansir dari Sportskeeda, Selasa (25/8/2020).

5. Owen Hargreaves (20 tahun 4 bulan dan 3 hari)

Lahir di Kanada, pemain berkebangsaan Inggris ini justru memulai kariernya di Jerman bersama Bayern Munich. Ia masuk akademi pada 1997 dan mulai debut pada 2000. Kendati masih berusia muda, Owen Hargreaves sudah menjadi bagian penting dari skuad The Bavarian.

Kemampuannya sebagai gelandang membuat Owen Hargreaves dipercaya turun sebagai starter pada Final Liga Champions 2000-2001 kontra Valencia. Bayern Munich sanggup menang dengan skor 5-4 lewat babak adu penalti.

Owen Hargreaves mengangkat trofi (Foto: Twitter/@FCBayernEN)

4. Alphonso Davies (19 tahun 9 bulan dan 21 hari)

Sama seperti Hargreaves, Alphonso Davies lahir dan besar di Kanada. Ia bergabung dari klub Vancouver Whitecaps pada Januari 2019. Hanya dalam waktu singkat, ia sukses memaku tempat di skuad utama sebagai fullback kiri Bayern Munich.

Pada Senin 24 Agustus 2020 dini hari WIB, pelatih Hans-Dieter Flick mempercayakan tempat di susunan 11 awal Bayern Munich guna menantang Paris Saint-Germain (PSG). Die Roten menang dengan skor tipis 1-0 dan Alphonso Davies resmi menjadi juara.

3. Carlos Alberto (19 tahun 5 bulan dan 15 hari)

Nama pemain yang satu ini relatif tidak terkenal. Walau begitu, Carlos Alberto sukses membawa FC Porto menjadi kampiun Liga Champions 2003-2004. Pria asal Brasil itu sudah memberikan kontribusi dalam usia begitu muda, yakni 19 tahun, lima bulan, dan 15 hari.

Carlos Alberto mencetak gol pembuka FC Porto dalam kemenangan telak 3-0 atas AS Monaco di Stadion Veltins Arena, Gelsenkirchen. Sayangnya, hanya setahun kemudian, Carlos Alberto terlempar ke negara asalnya, Brasil, untuk memperkuat Corinthians.

Carlos Alberto bersama skuad FC Porto (Foto: UEFA)

2. Clarence Seedorf (19 tahun 1 bulan dan 21 hari)

Pemain asal Belanda ini namanya harum karena prestasi spesial. Ia adalah pemain pertama yang pernah memenangi Liga Champions bersama tiga klub berbeda, yakni Ajax Amsterdam, Real Madrid, dan AC Milan. Namun, ia juga sempat menyandang sebagai pemenang Liga Champions termuda.

Clarence Seedorf merupakan gelandang andalan Ajax Amsterdam pada musim 1994-1995. Mengingat skuad De Godenzonen asuhan Louis van Gaal kala itu dihuni sebagian besar pemain muda, hal tersebut tidak lah mengejutkan. Ia sukses mengantar Ajax menang atas AC Milan.

1. Iker Casillas (19 tahun dan 4 hari)

Kiper legendaris berkebangsaan Spanyol ini sesungguhnya tidak sengaja mencatatkan rekor sebagai pemain termuda. Ia dipercaya mengawal gawang Real Madrid ketika Bodo Illgner cedera di awal-awal musim. Jadilah sepanjang musim, Iker Casillas berstatus kiper utama.

Iker Casillas muda

Ia memang gagal membawa Real Madrid juara La Liga Spanyol 1999-2000. Namun, Iker Casillas sukses menjaga gawangnya dari serbuan Valencia untuk menang dengan skor 2-0. Saat berlaga di final, ia baru berusia 19 tahun dan empat hari.

Setelah kemenangan pada Final Liga Champions 1999-2000, nama Iker Casillas tidak tergantikan di Real Madrid hingga 2015. Berbagai gelar mampu diraih kiper kelahiran Madrid itu, baik di level klub mau pun tim nasional.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini