Share

Setelah Setien, Barcelona Berpisah dengan Abidal

Andika Pratama, Okezone · Selasa 18 Agustus 2020 22:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 46 2264157 setelah-setien-barcelona-berpisah-dengan-abidal-6k7PSH6y0d.jpg Eric Abidal (Foto: Laman resmi Barcelona)

BARCELONA – Perombakan besar terjadi di balik layar Barcelona. Blaugrana –julukan Barcelona– mengakhiri kontrak Eric Abidal sebagai Direktur Olahraga pada hari ini Selasa (18/8/2020) malam WIB.

Sebelum Abidal, Barcelona telah lebih dulu mengakhiri masa kerja Quique Setien sebagai juru taktik. Abidal dan Setien adalah sosok yang dianggap bertanggung jawab di balik kegagalan Barcelona pada musim ini.

Lionel Messi (Foto: Laman resmi Barcelona)

Jika harus memilih yang lebih bersalah di antara keduanya, Abidal lebih banyak melakukan kekacauan di Barcelona ketimbang Setien. Sebab, Setien baru menjadi pelatih Barcelona pada pada 13 Januari 2020. Ia datang sebagai pengganti dari Ernesto Valverde tetapi tidak mampu mengangkat performa tim.

Setien bekerja dengan para pemain warisan Valverde yang mayoritas didatangkan oleh Abidal. Pria berpaspor Prancis itu kerap mendatangkan pemain dengan harga mahal tetapi minim kontribusi, seperti Antoine Griezmann.

BACA JUGA: Bukan Setahun, Koeman Tangani Barcelona hingga Juni 2022

Barcelona yang melihat kinerja Abidal kurang memuaskan maka mengakhiri kontraknya sebagai Direktur Olahraga. Abidal pun hanya menjabat sebagai Direktur Olahraga selama dua musim sejak ditunjuk pada 1 Juli 2018.

Namun, Barcelona tetap berterima kasih atas kerja keras Abidal selama ini. Blaugrana tidak bisa melupakan jasa besar Abidal sebagai pemain yang membantu Barcelona berjaya pada 2007-2013.

“FC Barcelona dan Eric Abidal telah mencapai kesepakatan untuk berakhirnya kontrak yang menyatukan kedua belah pihak. Klub secara terbuka mengucapkan terima kasih kepada Eric Abidal atas profesionalisme, komitmen, dedikasinya, serta sifat dekat dan positif dari hubungannya dengan semua aspek keluarga Blaugrana,” bunyi pernyataan resmi Barcelona di laman resmi klub, Selasa (18/8/2020).

Barcelona sekarang tengah melakukan perombakan demi bangkit pada musim depan. Langkah selanjutnya yang mesti Barcelona ambil adalah menunjuk pelatih baru secepatnya.

Kabar terakhir menyebutkan Barcelona akan menjatuhkan pilihan kepada Ronald Koeman. Pria asal Belanda itu sudah tidak asing dengan Barcelona. Sebab, ia merupakan bagian dari skuad legendaris Barcelona asuhan Johan Cruyff.

Koeman telah mempersembahkan 10 trofi untuk Barcelona sebagai pemain. Koeman secara keseluruhan meraih 19 trofi sepanjang kariernya sebagai pesepakbola.

Kecermelangan Koeman berlanjut ke kariernya di dunia kepelatihan. Pria berumur 57 tahun itu telah meraih delapan trofi yang enam di antaranya didapatkan saat melatih Ajax Amsterdam (empat trofi), PSV Eindhoven (satu trofi), dan AZ Alkmaar (satu trofi). Koeman kini sedang bertugas sebagai Pelatih Tim Nasional (Timnas) Belanda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini