Thierry Henry Masuk Dalam Daftar Bursa Transfer Pelatih Barcelona

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 16 Agustus 2020 00:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 16 51 2262879 thierry-henry-masuk-dalam-daftar-bursa-transfer-pelatih-barcelona-D1aiAfCeNl.jpg Thierry Henry (Foto: Instagram/@thierryhenry)

BARCELONA – Kekalahan telak dengan skor 2-8 yang didapat Barcelona dari Bayern Munich di ajang Liga Champions 2019-2020 membuat manajemen Blaugrana bergerak mencari pelatih baru. Sebab, mereka rencananya akan mendepak Quique Setien dari jabatan pelatih.

Salah satu nama yang mencuat ke permukaan untuk menjadi pelatih Barca berikutnya adalah legenda Arsenal, Thierry Henry. Saat ini, Henry tengah menangani klub asal Kanada, Montreal Impact, yang berlaga di Major League Soccer (MLS).

Henry sebenarnya memiliki catatan bagus saat menjadi asisten pelatih Timnas Belgia. Sebab, ia mampu membantu Eden Hazard dan kawan-kawan meraih posisi ketiga dalam gelaran Piala Dunia 2018.

Baca juga: Rio Ferdinand Meyakini Messi Bisa Pindah Usai Barcelona Dihancurkan Bayern Munich

Thierry Henry menangani Timnas Belgia

Kendati demikian, harus disayangkan karena ketika Henry ditunjuk sebagai pelatih AS Monaco pada Oktober 2018, pria berpaspor Prancis itu gagal membuat timnya bersinar. Tercatat, dari 20 pertandingan yang dipimpin Henry, Monaco hanya bisa meraih lima kemenangan dan mendera 11 kekalahan.

Bersama Montreal Impact sekarang pun, catatan Henry tak bisa dikatakan bagus. Sebab, dari sembilan kali bertanding, Montreal Impact baru dua kali mendapat kemenangan dan sudah empat kali menelan kekalahan.

Kendati demikian, menurut laporan Football Espana, Minggu (16/8/2020), manajemen Barca akan mencoba mengontak Henry. Mereka percaya Henry akan mampu menangani tim dengan lebih baik jika memiliki sumber daya pemain yang hebat seperti Barca.

Selain Henry, nama-nama pelatih lainnya seperti Ronald Koeman, Massimiliano Allegri, Mauricio Pochettino, hingga Xavi Hernandez, juga masuk ke dalam daftar. Akan tetapi, dapat dipastikan pelatih Barca berikutnya bukanlah Koeman maupun Xavi.

Koeman pasalnya masih memiliki tugas menangani Timnas Belanda. Ia telah berjanji tidak akan meninggalkan De Oranje sebelum Piala Eropa 2020 selesai dihelat.

Sementara itu, Xavi juga telah menyatakan komitmennya untuk tetap menangani klub asal Qatar, Al-Sadd. Sebagai pelatih muda, Xavi pasalnya ingin lebih dulu mencari banyak pengalaman sebelum menangani klub besar seperti Barca.

Maka dari itu, pilihan yang tersisa hanyalah Henry, Allegri, dan Pochettino. Namun, jika bicara soal prestasi, Allegri tentunya lebih unggul. Sebab, ia telah membawa dua klub berbeda, AC Milan dan Juventus, menjadi juara Liga Italia. Selain itu, Juve juga pernah dibuatnya sebanyak dua kali tampil di partai final Liga Champions.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini