FIFA Beri Sinyal Kucurkan Dana Pinjaman ke PSSI

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 51 2254558 fifa-beri-sinyal-kucurkan-dana-pinjaman-ke-pssi-z3RVoNHSum.jpg Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan rapat virtual dengan FIFA. (Foto/PSSI)

JAKARTA – Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) memberi sinyal akan mengucurkan dana pinjaman kepada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) agar bertahan di masa pandemi covid-19.

Hal tersebut disampaikan Presiden FIFA, Gianni Infantino, saat melakukan rapat virtual dengan sejumlah ketua federasi sepakbola negara-negara anggota FIFA, termasuk Indonesia, yang diwakili Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan pada Rabu, 29 Juli 2020.

Foto/PSSI

Gianni berharap federasi sepak bola negara-negara anggota FIFA bisa bersama-sama mengatasi masa sulit dampak pandemi virus corona.

Baca juga: Alasan Mochamad Iriawan Rangkap Jabatan, Pegang PSSI dan Jadi Manajer Timnas Indonesia U-19

Baca juga: PSSI ke FIFA: Indonesia Kerja Keras agar Piala Dunia U-20 2021 Sesuai Rencana

Ia menyampaikan bahwa FIFA akan memberikan dana bantuan Covid-19 yang akan dikucurkan dalam tiga tahap.

“Selain itu, jika diperlukan, FIFA juga kemungkinan memberikan dana pinjaman jangka panjang berdasarkan kesulitan yang dihadapi asosiasi sepakbola anggota kami,” kata Gianni mengutip laman PSSI, Kamis (30/7/2020).

Jadwal berubah

Pada kesempatan tersebut, Gianni menjelaskan dampak pandemi covid-1-9 membuat FIFA melakukan perubahan pada kalender kegiatan persepakbolaan.

Jadwal kualifikasi Piala Dunia 2022 yang seharusnya digelar Maret dan Juni lalu digeser menjadi Oktober dan November 2020. Demikian juga untuk jadwal Piala Dunia Wanita U-17, yang seharusnya berlangsung di India pada 2-21 November 2020 diundur menjadi 17 Februari-7 Maret 2021.

Sementara Piala Dunia Futsal yang seharusnya berlangsung pada September 2020 di Lithuania juga diundur pada September-Oktober 2021.

Adapun Kejuaraan Dunia Antarklub yang semula dijadwalkan di China pada pertengahan 2021 harus diundur pada tahun berikutnya, karena waktunya bersamaan dengan gelaran Piala Eropa dan Copa America yang juga mengalami pergeseran akibat Pandemi Covid-19.

Foto/Wikimedia Commons

“Kongres FIFA yang seharusnya berlangsung September ini pun dengan terpaksa hanya digelar secara online,” kata Gianni.

Ia menambahkan bahwa FIFA terus berkoordinasi dengan Organisasi Kesehatan Dunai (WHO), dalam memonitor dan mengantisipasi pandemi Covid-19 yang masih melanda 216 negara di dunia ini.

“Kesehatan dan keamanan para pemangku kepentingan merupakan prioritas utama kita dalam bekerja,” pungkasnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini