Alasan Mochamad Iriawan Rangkap Jabatan, Pegang PSSI dan Jadi Manajer Timnas Indonesia U-19

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 51 2253931 alasan-mochamad-iriawan-rangkap-jabatan-pegang-pssi-dan-jabat-manajer-timnas-indonesia-u-19-BBTNYqVTxX.jpg Ketua Umum PSSI Iwan Bule (kanan) bersama Menpora Zainudin Amali, menandatangani MoU pengesahan fasilitas alat pelatnas Timnas Indonesia U-19. (Foto: Kemenpora)

JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengumumkan posisi baru pada Senin 27 Juli 2020. Selain bertugas sebagai ketua umum, pria yang biasa disapa Iwan Bule itu mengaku akan menjabat manajer Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 yang dipersiapkan tampil di Piala Dunia U-20 2021.

Keputusan Iwan Bule mengemban dua jabatan berbeda mengagetkan banyak pihak. Sebab, pada Maret 2020, Iwan Bule baru saja memberikan mandat kepada sang wakil ketua umum PSSI, Cucu Soemantri, untuk bertanggung jawab atas prestasi tim nasional.

Mochamad Iriawan

(Mochamad Iriawan saat berdiskusi dengan Shin Tae-yong)

Sekarang yang jadi pertanyaan, apa alasan Iwan Bule memilih rangkap jabatan? Pria yang menjabat sebagai ketua umum PSSI hingga 2023 itu sengaja memilih rangkap jabatan karena peduli terhadap prestasi Timnas Indonesia U-19.

Harapannya dengan menjabat sebagai manajer Timnas Indonesia U-19, Iwan Bule bisa lebih dekat dengan skuad asuhan Shin Tae-yong tersebut. Ujung-ujungnya, Iwan Bule bisa lebih mudah memberi motivasi tambahan kepada skuad Garuda Nusantara.

"Tentunya, kami akan maksimalkan kepercayaan ini sesuai arahan Pak Presiden Jokowi saat rapat internal. Untuk prestasi, saya akan terus kawal," kata Iwan Bule saat penandatanganan MoU dengan Kemenpora perihal fasilitas pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19.

"Sementara ini, saya sebagai ketua bidang prestasi, sekaligus mungkin sementara saya juga manajernya. Supaya, saya bisa turun langsung memperhatikan dan melihat mereka semua (pemain) di lapangan," lanjut pria 58 tahun tersebut.

BACA JUGA: Penuh Keceriaan, Iwan Bule dan Indra Sjafri Sambut Hangat Shin Tae-yong

Ketimbang tim nasional kelompok umur lain, Timnas Indonesia U-19 jadi yang paling disorot. Sebab dalam satu tahun ke depan, ada dua agenda besar yang dijalankan Amiruddin Bagas Kaffa dan kawan-kawan.

Pada 14-31 Oktober 2020, Timnas Indonesia U-19 akan turun di Piala Asia U-19 yang digelar di Uzbekistan. Di ajang dua tahunan ini, Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja dan Iran.

Iwan Bule

(Iwan Bule saat memberi arahan kepada personel Timnas Indonesia U-19)

Piala Asia U-19 2020 sedianya merupakan ajang kualifikasi bagi tim-tim Asia yang ingin ambil bagian di Piala Dunia U-20 2021. Sekadar informasi, empat semifinalis diizinkan lolos otomatis ke putaran final yang digelar di Tanah Air.

Meski Indonesia sudah dipastikan lolos berkat status tuan rumah, Timnas Indonesia U-19 tetap tampil habis-habisan. Sebab, hasil maksimal di Piala Asia U-19 merupakan modal apik saat Timnas Indonesia U-19 ambil bagian di Piala Dunia U-20 2021.

PSSI sendiri memberi target yang lumayan kepada Shin Tae-yong selaku pimpinan Timnas Indonesia U-19. Shin Tae-yong diharapkan membawa Timnas Indonesia U-19 lolos dari fase grup Piala Dunia U-20 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini