Udinese vs Juventus, Bianconeri Kalah Dramatis di Dacia Arena

Ezha Herdanu, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2020 02:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 47 2251265 udinese-vs-juventus-bianconeri-kalah-dramatis-di-dacia-arena-rXEP4NLrfq.jpg Udinese vs Juventus (Foto: Twitter @juventusfc)

UDINE – Juventus melakoni giornata ke-35 Liga Italia musim 2019-2020 dengan bertandang ke markas Udinese di Dacia Arena pada, Jumat (24/7/2020) dini hari WIB. Meski tampil dominan, Juve harus rela menutup pertandingan kontra Udinese dengan takluk 1-2 dari tuan rumah.

Dengan kekalahan tersebut, membuat Juve harus menunda hasrat mereka mengunci gelar Liga Italia musim ini. Bianconeri –julukan Juve– wajib meraih kemenangan di laga berikutnya dengan menghadapi Sampdoria pada awal pekan depan. Sementara bagi Udinese, kemenangan ini membawa mereka menjauh dari zona degradasi Liga Italia 2019-2020.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Juve yang hanya membutuhkan hasil imbang saja untuk bisa menyegel gelar juara Liga Italia 2019-2020, memulai laga kontra Udinese dengan determinasi tinggi. Bahkan mereka hampir unggul cepat jika peluang emas yang didapatkan oleh Federico Bernardeschi membuahkan hasil positif.

Pada menit ke-14, Juve kembali mendapatkan peluang emas untuk bisa membuka keunggulan atas Udinese. Kali ini giliran Aaron Ramsey yang menebar ancaman ke gawang kubu tuan rumah. Namun sepakan Ramsey masih bisa diamankan kiper Udinese, Juan Musso.

Udinese yang sedari tadi tampil di bawah tekanan, akhirnya berhasil keluar menyerang pada menit ke-22. Bahkan mereka hampir saja membuka keunggulan atas Juve melalui aksi Illija Nestorovski. Tapi sepakan Nestorovski usai meneruskan sodoran dari Seko Fofana masih melambung di atas gawang Juve.

Memasuki menit ke-30 babak pertama berjalan, Juve kembali gagal memaksimalkan peluang emas yang mereka dapatkan. Kini upaya tembakan dari luar kotak penalti yang dilepaskan oleh Cristiano Ronaldo masih belum tepat sasaran.

Udinese vs Juventus

Pada menit ke-35, Udinese kembali mendapatkan peluang emas untuk bisa membuka keunggulan mereka atas Juve. Berawal dari serangan balik, Ken Sema yang mendapatkan umpan dari Hidde ter Avest, lalu menyambutnya dengan sepakan. Tapi bola hasil sepakan Sema gagal mengenai sasaran.

Juve akhirnya berhasil membuka keunggulan mereka atas Udinese di menit ke-42. Adalah Matthijs de Ligt yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor, usai sepakannya dari luar kotak penalti Udinese gagal diamankan oleh Musso.

Di pengujung babak pertama, Juve hampir menambah keunggulan mereka melalui aksi Paulo Dybala. Tapi sontekan pemain asal Argentina itu masih gagal membuahkan hasil positif. Hingga 45 menit pertama usai, kedudukan 1-0 untuk keunggulan Juve atas Udinese masih menghiasi papan skor laga ini.

Babak Kedua

Udinese yang tengah tertinggal 0-1, langsung mengambil inisiatif serangan di awal babak kedua laga kontra Juve. Alhasil, Udinese langsung mendapatkan peluang emas untuk bisa menyamakan kedudukan melalui aksi Stefano Okaka. Tapi tembakannya masih berhasil diamankan oleh Wojciech Szczesny.

Babak kedua berjalan 7 menit, Udinese mampu menyamakan kedudukan dengan Juve jadi 1-1 melalui aksi dari Nestorovski. Ya, Nestorovski berhasil meneruskan umpan silang Sema dengan sundulannya gagal diamankan oleh Szczesny.

Pada menit ke-62, Juve mendapatkan peluang untuk bisa kembali unggul atas Udinese melalui aksi Dybala. Namun, peluang emas yang didapat Juve melalui tembakan Dybala masih melebar di sisi kanan gawang Udinese.

Berselang 14 menit, Ronaldo kembali gagal memaksimalkan peluang untuk menyumbangkan gol untuk Juve di pertandingan ini. Melihat ada celah di lini pertahanan Udinese, kapten tim nasional (Timnas) Portugal itu melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Namun bola hasil tembakannya masih belum tepat sasaran.

Udinese vs Juventus

Pertandingan hanya menyisahkan 8 menit lagi, Juve kembali gagal memanfaatkan kesempatan yang mereka dapatkan. Dybala yang mendapatkan operan dari Alex Sandro, lalu menyambutnya dengan tembakan kaki kirinya. Tapi bola hasil sepakan Dybala masih melenceng.

Tidak berselang lama, giliran Udinese yang mendapatkan kans untuk bisa berbalik unggul atas Juve melalui aksi Okaka. Akan tetapi tembakan spekulasi yang dilepaskan mantan penyerang AS Roma itu masih melambung tipis di atas mistar gawang Juve.

Di pengujung laga, Udinese berhasil berbalik unggul atas Juve melalui gol yang dicetak oleh Fofana. Memaksimalkan umpan sundulan dari Rodrigo Becao, Fofana lalu melepaskan tembakan voli yang meluncur deras ke dalam gawang Szczesny. Udinese 2-1 Juve.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya pertandingan, tidak ada gol tambahan yang dicetak kedua kesebelasan. Kubu tuan rumah, Udinese, berhasil menyudahi pertandingan dengan kemenangan 2-1 atas tamunya, Juve.

Susunan Pemain:

Udinese (3-5-2): Juan Musso; William Troost-Ekong, Rodrigo Becao (Sebastien De Maio 90’), Bram Nuytinck; Hidde ter Avest (Samir 78’), Rodrigo de Paul, Seko Fofana, Ken Sema, Marvin Zeegelaar (Jens Larsen 69’); Illija Nestorovski, Stefano Okaka.

Pelatih: Luca Gotti

Juventus (4-3-3): Wojciech Szczesny; Danilo (Juan Cuadrado 75’), Daniele Rugani, Matthijs de Ligt, Alex Sandro; Aaron Ramsey (Blaise Matuidi 60’), Rodrigo Bentancur, Adrien Rabiot; Federico Bernardeschi (Douglas Costa 60’), Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Maurizio Sarri

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini