Sisi Terlemah Man United Sektor Pertahanan

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 45 2249224 sisi-terlemah-man-united-sektor-pertahanan-bJt8B8yblL.jpg Harry Maguire dan Victor Lindelof. (Foto/Ist)

MANCHESTER – Harry Maguire boleh saja menjadi bek termahal saat ini. Namun eks pemain Mancheter United, Paul Parker menilai aset Setan Merah senilai senilai 80 juta pounds (sekira Rp1,3 triliun) tersebut tidak memainkan perannya dengan baik, bahkan sangat buruk di laga semifinal Piala FA 2019-2020.

Dalam babak semifinal Piala FA, Man United dipecundangi oleh Chelsea dengan skor 3-1 di Stadion Wembley pada Senin, 20 Juli 2020 dini hari WIB. Maguire pun jadi sosok yang dituding sebagai penyebab kekalahan Man United dari Chelsea.

Baca juga: Phil Neville: Kok Masih Saja Percaya dengan De Gea, Solskjaer?

Chelsea saat menghadapi Man United berhasil mengontrol permainan sejak menit pertama. Tim asuhan Frank Lampard ini berhasil mencetak gol pada menit 45+10 setelah Cesar Azpilicueta memberikan umpan matang kepada Olivier Giroud.

Foto/Chelsea

The Blues –julukan Chelsea– menambah keunggulan mereka pada kedua akibat kesalahan Brandon William yang mengoper bola di area Man United. Mason Mount yang mendapatkan bola, berlari menuju area Setan Merah dan melepaskan tendangan kencang. Sepakan pemain berusia 21 tahun gagal ditepis David De Gea pada menit 46.

Chelsea semakin meninggalkan Man United usai Maguire salah mengantisipasi umpan silang pemain Chelsea di area kota penalti sendiri. Kapten Man United ini menjebol gawang timnya sendiri karena salah membuang bola.

Sedangkan satu gol balasan Man United terjadi setelah Anthony Martial diganjal di area kotak penalti Chelsea. Fernandes yang maju sebagai penendang berhasil menceploskan bola yang ke gawang Chelsea yang dijaga Willy Caballero.

Parker menilai Maguire tidak bisa bermain sebagai bek tengah di sebelah kiri Man United. Parker menyebut bahwa Man United juga memerlukan sosok yang bisa memimpin sektor belakang agar bisa mengelola sektor pertahanan.

"Saat ini, titik lemah di Man United adalah pertahanan,” ujarnya mengutip Eurosport, Senin (20/7/2020).“

Saya pikir empat bek membutuhkan organisasi dan kepemimpinan, saat ini tidak ada yang menyatukannya. Mereka membutuhkan bek berkaki kidal. Sebab Maguire tidak bisa bermain di sisi kiri,” lanjut dia.

Akibat kekalahan kalah di semifinal Piala FA 2019-2020, Man United akan fokus mengejar posisi keempat Liga Inggris 2019-2020 demi bisa masuk Liga Champions. Man United kini berada di posisi kelima dengan mengumpulkan 62 poin, sama dengan Leicester City yang berada di atas mereka.

Foto/Man United

Leicester berada di urutan keempat klasemen Liga Inggris karena jumlah gol mereka lebih baik dari Man United. Namun, Man United masih unggul satu laga. Mereka akan menjamu West Ham pada Kamis, 23 juli 2020 mendatang.

Laga pamungkas Liga Inggris 2019-2020, akan menjadi penentu bagi Man United apakah bisa lolos ke Liga Champions atau tidak. Mereka akan melawat ke Stadion King Power, kandang Leicester pada Minggu, 26 Juli 2020. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini