5 Calon Peraih Trofi Ballon dOr 2020 per Juli, Nomor 1 Paling Tajam

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 04 Juli 2020 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 04 51 2241182 5-calon-peraih-trofi-ballon-dor-2020-per-juli-nomor-1-paling-tajam-NfvDwQwQ01.jpg Penampakan trofi Ballon dOr. (Foto: AS)

PENGANUGERAHAN trofi Ballon dOr memang baru diumumkan pada Desember 2020. Namun, terhitung sejak awal musim 2019-2020, para pemain berlomba-lomba menampilkan performa terbaik demi merebut supremasi bagi pemain terbaik dunia tersebut.

Hingga Juli 2020, ada sejumlah nama yang diprediksi memiliki peluang paling besar memenangkan trofi berbentuk bola emas tersebut. Munculnya nama-nama di bawah ini berdasarkan performa yang ditunjukkkan di sepanjang musim 2019-2020. Siapa saja mereka?

Berikut 5 calon peraih trofi Ballon dOr 2020 per Juli:

5. Karim Benzema (Real Madrid)

Karim Benzema

Semenjak mentas sebagai pesepakbola profesional pada 2005, Benzema belum pernah masuk tiga besar peraih trofi Ballon dOr. Namun, musim ini jangankan masuk tiga besar, kesempatan menjadi yang terbaik pun terbuka lebar.

Sebab, penyerang berpaspor Prancis itu tak hanya tampil apik secara individu, namun juga sukses bersama tim. Secara individu, penyerang 32 tahun itu mengoleksi 22 gol dan 10 assist dari 42 pertandingan di semua kompetisi.

Berkat gol dan assist yang dicetak Benzema, Real Madrid memiliki peluang yang besar menjuarai Liga Spanyol 2019-2020. Hingga pekan ke-33, Madrid duduk di puncak klasemen dengan koleksi 74 angka, unggul empat poin dari Barcelona di tempat kedua. Sementara di Liga Champions, Madrid masih memiliki peluang lolos ke perempatfinal meski di leg I babak 16 besar kalah 1-2 dari Manchester City.

4. Cristiano Ronaldo (Juventus)

Cristiano Ronaldo

Usianya memang sudah 35 tahun, namun Cristiano Ronaldo masih berambisi memenangkan trofi Ballon dOr. Tak heran, meski sudah tak lagi muda untuk ukuran pesepakbola, ayah empat anak tersebut masih tampil prima. Dari 37 pertandingan di semua kompetisi, Ronaldo mengoleksi 28 gol dan enam assist.

BACA JUGA: 5 Pemain yang Bisa Gagalkan Messi dan Ronaldo Raih Trofi Ballon dOr 2020

Berkat bantuan Ronaldo, Juventus juga tampil prima di kompetisi musim ini. Juventus berpeluang besar menjuarai Liga Italia 2019-2020. Hingga pekan ke-29, Juventus duduk di puncak klasemen dengan raihan 72 poin, unggul empat angka dari Lazio di posisi kedua. Sementara di Liga Champions, Juventus berpeluang lolos ke perempatfinal karena akan menjamu Olympique Lyon di leg II babak 16 besar Liga Champions 2019-2020.

3. Lionel Messi (Barcelona)

Lionel Messi

Secara individu, kontribusi Lionel Messi untuk Barcelona musim ini sangat tinggi, khususnya perihal jumlah gol dan assist. Dari 37 pertandingan di semua kompetisi, La Pulga –julukan Messi– mengoleksi 27 gol dan 22 assist. Jika dikalkulasi, Messi telah berkontribusi 49 gol atas yang dibuat Barcelona musim ini. Sayangnya, catatan apik di atas tidak sejalan dengan prestasi yang didapat Barcelona musim ini.

Hingga pekan ke-33 Liga Spanyol, Barcelona masih tertahan di posisi kedua dengan raihan 70 angka, tertinggal empat poin dari Madrid di puncak klasemen. Sementara di Liga Champions, Barcelona akan menjamu Napoli di leg II babak 16 besar setelah pada pertemuan pertama bermain 1-1 di kandang lawan.

2. Kevin De Bruyne (Manchester City)

De Bruyne

Status motor serangan Manchester City dipegang Kevin De Bruyne semenjak mendarat di Stadion Etihad pada bursa transfer musim panas 2015. Musim ini, gelandang berambut pirang itu tak hanya piawai memberikan assist, namun juga aktif mencetak gol.

Dari 40 pertandingan di semua kompetisi, De Bruyne mengoleksi 13 gol dan 20 assist. Meski Manchester City sudah dipastikan gagal mempertahankan trofi Liga Inggris, namun The Citizens masih berkesempatan berprestasi di ajang lain. Saat ini, Man City sudah tiba di semifinal Piala FA dan selangkah lagi melaju ke perempatfinal Liga Champions.

1. Robert Lewandowski (Bayern Munich)

Robert Lewandowski

Lewandowski menggila bersama Bayern Munich musim ini. Dari 42 pertandingan di semua kompetisi, penyerang berpaspor Polandia itu mengoleksi 49 gol! Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak ketimbang pesepakbola mana pun yang mentas di lima kompetisi top Eropa.

Ditambah lagi, Bayern Munich berpotensi sukses besar musim ini. Bersama Paris Saint-Germain, Bayern Munich merupakan dua klub yang masing berpeluang meraih treble winner musim ini.

Setelah memenangkan trofi Liga Jerman, Bayern selangkah lagi mengamankan trofi DFB Pokal dan hampir pasti lolos ke perempatfinal Liga Champions 2019-2020. Karena itu, jika Bayern meraih treble winner atau paling tidak menjuarai Liga Champions, trofi Ballon dOr 2020 dipercaya jatuh ke tangan Lewandowski.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini