5 Pemain yang Bisa Gagalkan Messi dan Ronaldo Raih Trofi Ballon dOr 2020

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 10:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 51 2239907 5-pemain-yang-bisa-gagalkan-messi-dan-ronaldo-raih-trofi-ballon-dor-2020-NoX6TmgsJw.jpg Cristiano Ronaldo dan Messi bersaing ketat dalam hal prestasi di dalam maupun luar lapangan. (Foto: @ChampionsLeague)

DALAM 12 tahun terakhir, pemenang trofi Ballon dOr hampir selalu dimenangkan dua nama, yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Terhitung dari 2008, Messi memenangkan enam trofi Ballon dOr, sedangkan Ronaldo satu gelar lebih sedikit.

Tercatat dari 2008, cuma satu kali pemenang trofi Ballon dOr tidak dimenangkan Ronaldo atau Messi. Pada 2018, Luka Modric merusak hegemoni dua nama di atas dengan merebut trofi berbentuk bola emas tersebut.

Tahun ini, peluang kejadian seperti edisi 2018 terbuka lebar. Sebab, sejumlah nama tampil apik musim ini dan berpotensi merusak dominasi Ronaldo dan Messi. Siapa mereka?

Berikut 5 pemain yang bisa gagalkan Messi dan Ronaldo raih trofi Ballon dOr 2020:

5. Ciro Immobile (Lazio)

Ciro Immobile

Ciro Immobile tampil luar biasa bersama Lazio musim ini. Dari 29 pertandingan Liga Italia, eks penyerang Juventus itu mengoleksi 29 gol dan untuk sementara menjadi top skor sementara Liga Italia 2019-2020, unggul lima bola dari Cristiano Ronaldo (Juventus) di posisi dua.

BACA JUGA: Adama Traore Curi Mental Ronaldinho dan Messi

Immobile berpeluang meraih trofi Ballon dOr asalkan mencatatkan dua hal, yakni merebut gelar top skor dan membawa Lazio juara Liga Italia 2019-2020. Jika Lazio menjadi juara, Gli Aquilotti –julukan Lazio– akan menciptakan kisah cinderella seperti yang dibuat Leicester City di Liga Inggris 2015-2016.

Selain itu, hal yang membuat istimewa karena secara materi pemain Lazio jauh di bawah Juventus. Nantinya, gelar juara sekaligus menghentikan dominasi Juventus yang sudah berlangsung di Liga Italia dalam delapan tahun terakhir.

4. Sadio Mane (Liverpool)

Infografis Sadio Mane

Sadio Mane menjalani musim terbaiknya bersama Liverpool. Winger berpaspor Senegal itu mengantarkan Liverpool juara Piala Super Eropa dan Piala Dunia Klub 2019, serta Liga Inggris 2019-2020. Keberhasilan membawa Liverpool juara Liga Inggris layak diacungi jempol, mengingat ini merupakan gelar pertama Liverpool di Liga Inggris dalam 30 tahun terakhir.

Secara individu, winger berpaspor Senegal itu juga tajam. Dari 28 pertandingan di Liga Inggris 2019-2020, winger lincah itu mengoleksi 15 gol. Setelah finis di posisi empat penghargaan Ballon dOr 2019, hasil lebih baik mungkin disabet Mane di edisi tahun ini.

3. Thomas Muller (Bayern Munich)

Thomas Muller

Thomas Muller menjalani salah satu musim terbaiknya bersama Bayern Munich. Dari 45 pertandingan di semua kompetisi, pria bertubuh kurus itu mengoleksi 12 gol dan 25 assist. Koleksi 25 assist merupakan yang terbanyak dibandingkan pesepakbola mana pun di Eropa saat ini.

Berkat bantuan dari Muller, Die Roten –julukan Bayern– memiliki peluang meraih treble winner musim ini. Setelah dipastikan keluar sebagai kampiun Liga Jerman, Bayern sudah lolos ke final DFB Pokal dan selangkah lagi melaju ke perempatfinal Liga Champions. Jika Bayern merebut treble winner, nama Muller jadi yang paling dijagokan merebut trofi Ballon dOr.

2. Kevin De Bruyne (Manchester City)

Kevin De Bruyne

Manchester City memang sudah dipastikan gagal menjuarai Liga Inggris 2019-2020. Namun, selain telah mengamankan trofi Piala Liga Inggris, The Citizens –julukan Man City– masih berpeluang menjadi yang terbaik di Liga Champions dan Piala FA. Kisah apik Man City musim ini salah satunya tercipta berkat andil sang gelandang, Kevin De Bruyne.

Gelandang berpaspor Belgia itu tampil luar biasa bersama Man City musim ini. Bertugas sebagai otak serangan Manchester Biru, gelandang berambut pirang itu mengoleksi 12 gol dan 19 assist dari 39 pertandingan di semua kompetisi. Jika Man City menjadi jawara Liga Champions, nama De Bruyne dijagokan memenangkan trofi Ballon dOr 2020.

1. Robert Lewandowski (Bayern Munich)

Robert Lewandowski

Tidak ada pesepakbola di Eropa saat ini yang mencetak gol sebanyak Lewandowski. Dari 42 pertandingan bersama Bayern musim ini, penyerang berpaspor Polandia itu mengoleksi 49 gol! Jika dirata-rata, eks penyerang Borussia Dortmund itu mengoleksi 1,16 gol per pertandingan.

Selain menjadi top skor Liga Jerman, Lewandowski juga berada di urutan teratas pencetal gol terbanyak Liga Champions 2019-2020. Saat ini Lewandowski telah mencetak 11 gol, unggul lima bola dari Serge Gnabry (Bayern Munich) dan Dries Mertens (Napoli) di posisi dua. Sebenarnya Erling Haaland mengoleksi 10 gol musim ini, namun Borussia Dortmund sudah tersingkir di babak 16 besar.

Berkat gol-gol dari Lewandowski, Bayern telah mengamankan trofi Liga Jerman dan berpeluang menjadi yang terbaik di Liga Champions dan DFB Pokal. Andai Bayern menjadi kampiun Liga Champions musim ini, bisa dibilang Thomas Muller yang notabene rekan setimnya sebagai pesaing Lewandowski dalam perebutan trofi Ballon dOr 2020.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini