Tanpa Penonton, Tim Tuan Rumah di Bundesliga Hanya Menang 3 Kali

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 27 Mei 2020 07:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 27 51 2220096 tanpa-penonton-tim-tuan-rumah-di-bundesliga-hanya-menang-3-kali-GibAWx5Tzz.jpg Borussia Dortmund tumbang di kandang sendiri dari Bayern Munich (Foto: Borussia Dortmund)

SEBANYAK 22 pertandingan sudah dimainkan sejak Liga Jerman 2019-2020 (Bundesliga) comeback pada 16 Mei lalu. Sebuah rekor menarik pun tercipta. Dari 22 pertandingan tersebut, hanya tiga saja yang berhasil dimenangkan kesebelasan tuan rumah.

Pertandingan antara Borussia Dortmund vs Schalke 04 pada Sabtu 16 Mei 2020 menjadi salah satu di antaranya. Partai pembuka comeback Bundesliga itu sukses dimenangi Die Schwarzgelben dengan skor telak 4-0. Setelah itu, hanya dua laga lagi yang berhasil dimenangi sebuah kesebelasan di kandang sendiri.

Baca juga: Leverkusen Dipermalukan Wolfsburg 1-4 di Kandang Sendiri

Bayer Leverkusen tumbang saat menjadi tuan rumah (Foto: Instagram/@bundesliga_en)

Satu di antaranya adalah Bayern Munich vs Eintracht Frankfurt akhir pekan lalu. FC Hollywood sukses membekuk Die Adler dengan skor telak 5-2. Pertandingan lain yang berhasil dimenangi tuan rumah adalah Hertha Berlin vs Union Berlin dengan skor akhir 4-0.

Statistik lengkap dari 22 laga tersebut adalah sebagai berikut, tuan rumah menang hanya tiga kali dan tujuh lainnya berakhir imbang. Catatan tersebut sedikit banyak dipengaruhi oleh faktor laga tanpa penonton, sesuai protokol kesehatan serta imbauan dari Pemerintah Jerman.

Dukungan penonton diakui sangat berarti penting bagi kesebelasan tuan rumah. Tidak jarang, sebuah tim yang berstatus underdog, sukses menaklukkan lawan yang lebih kuat, ketika bermain di kandang sendiri berkat kehadiran pemain ke-12.

Tidak adanya teror dari suporter tuan rumah membuat tim tamu bisa bermain lebih lepas. Bukan tidak mungkin, pada sisa pertandingan ke depan hingga akhir musim, statistik kemenangan kesebelasan tuan rumah bisa semakin menurun akibat ketiadaan penonton di tribun.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini