Lepas Coman ke Bayern, Capello Sebut Juventus Ulangi Kesalahan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 09:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 51 2266951 lepas-coman-ke-bayern-capello-sebut-juventus-ulangi-kesalahan-oK1AQ2P84w.jpg Kingsley Coman dilepas Juventus ke Bayern Munich pada 2017 (Foto: FC Bayern)

ROMA – Mantan Pelatih Juventus, Fabio Capello, menyebut klub asal Kota Turin itu mengulangi kesalahan yang sama dengan melepas Kingsley Coman. Sebab, pemain berpaspor Prancis itu terbukti berperan penting dalam raihan gelar Liga Champions 2019-2020 untuk Bayern Munich.

Nama Kingsley Coman tengah menjadi buah bibir berkat gol tunggalnya ke gawang Paris Saint-Germain (PSG). Pasalnya, pemain berusia 24 tahun itu merupakan jebolan akademi Les Parisien. Selepas dari Prancis, ia sempat berlabuh ke Juventus pada 2014-2015.

Sayangnya, Kingsley Coman tidak menjadi pilihan utama Pelatih Massimiliano Allegri sepanjang musim tersebut. Pada akhirnya, sang pemain dipinjamkan ke Bayern Munich pada musim panas 2015 dan dipermanenkan pada 2017.

Baca juga: Lahir dan Besar di Paris, Kingsley Coman: Hati Saya 100% Bayern Munich

Kingsley Coman jadi pahlawan kemenangan Bayern Munich (Foto: Twitter/@FCBayernEN)

Fakta tersebut membuat Fabio Capello sebal dengan kebijakan Juventus. Mereka dianggap mengulangi kesalahan ketika melepas talenta hebat asal Prancis lainnya, yakni Thierry Henry, pada awal dekade 2000 ke Arsenal.

“Coman dianggap cukup bagus untuk memulai laga di Final Liga Champions untuk Bayern Munich. Juventus seakan terus mengulangi kesalahan yang sama. Thierry Henry tiba ketika berusia begitu muda dan dibiarkan pergi hingga berkembang pesat di Juventus,” ujar Fabio Capello, dikutip dari Goal, Selasa (25/8/2020).

“Coman sekarang mengikuti jejak itu di Bayern Munich. Ketika Anda melihat pemain berkualitas, Anda harus punya kesabaran untuk menunggu. Anda tidak bisa berharap seorang pemain muda langsung jadi protagonis di level tertinggi,” tukas pria asal Italia itu.

Juventus memang merekrut Kingsley Coman dengan gratis pada 2014 dari PSG. Ia lantas dilepas dengan harga relatif murah, yakni 21 juta Euro (setara Rp362 miliar) pada musim panas 2017. Sepanjang 161 penampilan, pemain kelahiran Paris itu sukses menyumbang 33 gol dan 35 assist buat Die Roten.

Catatan tersebut, ditambah peran pentingnya dalam mencetak gol kemenangan di Final Liga Champions, sudah cukup membuktikan kualitas Kingsley Coman. Tidak heran, Fabio Capello menilai Juventus sudah melakukan kesalahan seperti ketika melepas Thierry Henry.

Thierry Henry dilepas ke Arsenal

King Henry direkrut Juventus dari AS Monaco dengan label sebagai pemain berbakat pada Januari 1999. Sayangnya, ia tidak bertahan lama karena sulit mendapatkan tempat. Selang enam bulan kemudian, Thierry Henry hengkang ke Arsenal.

Bersama The Gunners, karier Thierry Henry berkembang pesat. Ia tumbuh menjadi seorang penyerang haus gol di bawah polesan Arsene Wenger. Pria asal Prancis itu lantas dinobatkan sebagai legenda Arsenal, sejajar dengan nama seperti Ian Wright.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini