Bagi Gundogan, Havertz Lebih Baik daripada Ballack

Ezha Herdanu, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 05:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 51 2257703 bagi-gundogan-havertz-lebih-baik-daripada-ballack-odxt1ZUqb2.jpg Kai Havertz (Foto: Twitter @kaihavertz29)

MANCHESTER – Gelandangan Manchester City, Ilkay Gundogan, memberikan penilaiannya terhadap kemampuan yang dimiliki oleh bintang Bayer Leverkusen, yakni Kai Havertz. Bagi Gundogan, Havertz mempunyai kemampuan yang jauh lebih baik daripada legenda tim nasional (Timnas) Jerman, Michael Ballack.

Sebagaimana diketahui sejak melakoni debut bersama tim utama Leverkusen, Havertz memang langsung menarik perhatian banyak pemandu bakat. Bahkan tidak sedikit yang memprediksi bahwa Havertz bakal jadi pemain besar.

Prediksi tersebut pun mulai nampak menjadi kenyataan. Pasalnya di usia yang baru menginjak 20 tahun, Havertz sudah berhasil menunjukkan performa yang luar biasa di lini tengah Die Werkself –julukan Leverkusen.

Kai Havertz

Pada musim 2019-2020 saja, Havertz benar-benar nyaris tidak tergantikan di skuad utama tim arahan Peter Bosz tersebut. Terhitung Havertz berhasil tampil sebanyak 43 kali dengan menyumbangkan 17 gol serta 9 assist untuk Leverkusen.

Baca Juga: Ballack Ingin Havertz Bertahan di Leverkusen

Performa impresif yang ditunjukkan Havertz membuat beberapa pengamat menyandingkannya dengan Ballack. Ya, Havertz disebut-sebut mempunyai kemampuan bermain yang sejajar dengan legenda Leverkusen dan Bayern Munich tersebut.

Akan tetapi menurut pandangan Gundogan, Havertz justru memiliki kualitas yang sejatinya lebih baik ketimbang Ballack. Ya, Gundongan menyebut ada beberapa hal yang dimiliki oleh Havertz, namun tidak dipunyai oleh Ballack semasa aktif sebagai pesepakbola profesional.

“Menurut opini saya, Havertz jauh lebih baik daripada Ballack dalam hal kemampuan bermain. Ballack adalah pemain yang terkenal agresif sepanjang kariernya. Ia juga memiliki mentalitas yang kuat,” ucap Gundogan, seperti disadur dari Kicker, Kamis (6/8/2020).

“Dia adalah pemain top dari generasi sebelumnya, dan ia dikenal sebagai preman di atas lapangan, namun dalam artian positif. Akan tetapi saya mengatakan bahwa bilang Kai tidak seperti itu,” sambung mantan pemain Borussia Dortmund tersebut.

Baca Juga: Chelsea Takkan Nyesel jika Beli Kai Havertz

“Saya merasa bahwa Kai bisa lebih baik dari Ballack. Saya pernah melihat Kai bermain secara langsung di tim nasional (Jerman). Dia adalah seorang pemain muda dengan kemampuan luar biasa. Saya rasa tak berlebihan jika menyebut Kai adalah Ballack versi yang lebih baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Havertz sendiri berpeluang besar menyusul Gundogan berkarier di Inggris pada musim depan. Pasalnya, Havertz dalam beberapa minggu terakhir memang tengah kencang dikait-kaitkan kepindahannya menuju Chelsea.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini