nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Guardiola Belum Bisa Samai Satu Rekor Mourinho

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 22 Mei 2020 14:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 05 22 51 2218064 guardiola-belum-bisa-samai-satu-rekor-mourinho-XOreOmftHu.jpg Jose Mourinho dan Josep Guardiola. (Foto: AFP)

MANCHESTER – Nama Josep Guardiola dan Jose Mourinho dipastikan terdapat di deretan pelatih terbaik dunia. Sebab, prestasi manis berhasil diukir kedua pelatih ini saat melatih berbagai klub elite di Eropa.

Karena itu, keduanya pun kerap kali dibandingkan untuk menentukan siapa yang lebih baik. Beberapa pihak kerap menganggap Guardiola sebagai sosok yang lebih baik, tetapi beberapa di antaranya juga mendukung Mourinho meraih status tersebut.

Jose Mourinho

Membicarakan soal sosok pelatih yang lebih baik, Guardiola ternyata diketahui belum bisa menyamai satu rekor yang dimiliki Mourinho. Rekor tersebut adalah meraih gelar juara di tiga kompetisi domestik dengan level tertinggi di Benua Biru –julukan Eropa.

BACA JUGA: Guardiola Ternyata Punya Impian Antarkan Timnas Brasil Jadi Juara Dunia

Ketiga kompetisi tersebut adalah Liga Inggris, Liga Spanyol, dan Liga Italia. Mourinho diketahui sudah berhasil membantu tim yang ditanganinya meraih gelar-gelar juara tersebut. Trofi Liga Inggris didapat saat dirinya melatih Chelsea (2004-2005, 2005-2006,dan 2014-2015).

Kemudian, gelar juara Liga Italia diraih Mourinho kala dirinya menyandang status sebagai juru taktik Inter Milan. Tak tanggung-tanggung, pelatih asal Portugal itu membawa Inter selama dua musim beruntun meraih Scudetto (2008-2009 dan 2009-2010). Terakhir, di ajang Liga Spanyol, Mourinho meraih gelar juara saat menangani Real Madrid (2011-2012).

Di luar tiga gelar juara tersebut, Mourinho juga diketahui berhasil menyegel titel di kompetisi lainnya di Eropa. Gelar juara diraihnya di ajang Liga Portugal kala menangani FC Porto. Catatan manis ini membawa Mourinho masuk daftar pelatih yang pernah menjadi juara di minimal empat negara berbeda. Daftar tersebut diketahui hanya diisi oleh enam pelatih.

Kondisinya berbeda dengan Guardiola. Ia tercatat baru bisa meraih gelar juara di tiga negara berbeda. Satu di antaranya bahkan tak termasuk kompetisi dalam level tertinggi. Guardiola tercatat meraih gelar juara di Liga Inggris bersama Manchester City, Spanyol (Barcelona), dan Jerman (Bayern Munich).

Guardiola bisa menyamai rekor Mourinho asalkan pada musim panas 2020 hengkang ke Juventus (Italia). Dalam beberapa bulan terakhir, Guardiola dikait-kaitkan dengan Juventus yang dalam delapan musim terakhir merajai Liga Italia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini