Lini Pertahanan Sudah Oke, Liverpool Tak Butuh Koulibaly

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 12 Mei 2020 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 12 51 2212907 lini-pertahanan-sudah-oke-liverpool-tak-butuh-koulibaly-IghZHTIJgC.jpg Kalidou Koulibaly (Foto: UEFA)

LONDON – Dalam beberapa pekan terakhir Liverpool santer dikabarkan bakal memboyong bek Napoli, Kalidou Koulibaly, pada bursa transfer musim panas 2020. Akan tetapi, menurut mantan bintang Chelsea, Craig Burley, merekrut Koulibaly bukanlah keputusan yang bijak untuk Liverpool.

Burley tidak memungkiri bahwa Koulibaly merupakan salah satu bek tengah terbaik di dunia saat ini. Bahkan, ia percaya tim mana pun yang mendapatkan Koulibaly akan membuat lini pertahanan mereka menjadi lebih baik. Meski begitu, ia merasa saat ini lini pertahanan Liverpool sudah oke, sehingga mereka tak memerlukan jasa Koulibaly.

Baca juga: Beri Pujian, tapi Firmino Tak Heran Rodgers Dipecat Liverpool

Dejan Lovren dan Van Dijk

Persoalannya adalah menebus Koulibaly memerlukan biaya yang sangat mahal. Saat ini, Napoli membanderol bek asal Senegal itu dengan harga 100 juta euro atau sekira Rp1,65 triliun. Menurut Burley, ketimbang memboyong Koulibaly, akan lebih bijak bagi Liverpool menggunakan uang tersebut untuk memperbaiki lini lain yang lebih membutuhkan.

Pasalnya, dengan lini pertahanan Liverpool yang sekarang, The Reds sudah tampil menjanjikan. Meski tanpa kehadiran Koulibaly, Liverpool telah menjadi tim yang paling sedikit mengalami kebobolan di pentas Liga Inggris musim ini. Dari 29 pertandingan, gawang Liverpool baru jebol 21 kali.

“Apakah Koulibaly merupakan hadiah yang bagus untuk sebagian besar klub? Tentu saja, dia adalah bek tengah yang fantastis. Namun, Anda harus mempertimbangkan pro dan kontra. Dia akan berusia 29 tahun musim panas ini. Ada situasi keuangan dalam hal biaya transfer dan upah,” jelas Burley, menyadur dari The Sport Review, Selasa (12/5/2020).

“Liverpool memiliki (Joel) Matip, (Dejan) Lovren, dan (Joe) Gomez, yang merupakan pemain muda yang bagus. Memang tidak satu pun dari mereka yang berada di standar Koulibaly, tetapi mereka sudah mendapatkan salah satu pemain tengah terhebat dunia, Virgil van Dijk. Mereka punya posisi lain untuk ditingkatkan,” sambungnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini