Putusan RFEF Berpotensi Timbulkan Konflik di Liga Spanyol

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 17 April 2020 01:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 17 46 2200469 putusan-rfef-berpotensi-timbulkan-konflik-di-liga-spanyol-geKpCnMW0s.jpg Bola yang digunakan di Liga Spanyol 2019-2020 (Foto: Laman resmi Liga Spanyol)

MADRID – Mewabahnya Virus Corona (Covid-19) membuat kompetisi Liga Spanyol 2019-2020 ditangguhkan untuk sementara waktu. Hingga saat ini, tak ada yang bisa menjamin apakah kompetisi tersebut bisa dilanjutkan. Maka dari itu, Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) menyiapkan kemungkinan terburuk.

RFEF sebenarnya sangat ingin agar kompetisi musim ini bisa dilanjutkan dan diselesaikan. Akan tetapi, mereka juga harus membuat persiapan dan rencana lain jika hal tersebut tak terwujud. Menurut laporan dari Marca, Jumat (17/4/2020), RFEF berencana menggunakan posisi di klasemen saat ini untuk menentukan klub-klub yang akan berlaga di Eropa musim depan, jika kompetisi musim ini tak selesai.

Baca juga: Setien Janji Bakal Lakukan Ini jika Barcelona Berhasil Juarai Liga Spanyol

Real Madrid vs Barcelona

Jika berkaca pada klasemen saat ini, maka empat klub yang akan mewakili Spanyol untuk berlaga di Liga Champions musim depan adalah Barcelona, Real Madrid, Sevilla, dan Real Sociedad. Sebab, mereka adalah klub-klub yang menghuni posisi empat besar di klasemen Liga Spanyol sekarang.

Kendati demikian, penentuan dengan cara tersebut sangat berpotensi menimbulkan konflik. Karena Getafe yang menempati posisi kelima memiliki perolehan poin yang sama dengan Sociedad yang ada di urutan keempat, yakni 46.

Liga Spanyol sendiri sejatinya menggunakan perhitungan head to head. Dengan kata lain, jika ada dua klub yang memiliki poin sama, maka penentuan siapa yang lebih pantas menempati posisi di atas akan dilihat berdasarkan head to head pertemuan kedua klub di musim tersebut.

Di musim ini, pada pertemuan pertama, Getafe sebenarnya berhasil mengalahkan Sociedad dengan skor 2-1. Akan tetapi, penerapan head to head tersebut baru berlaku setelah kedua tim bersua dua kali. Sedangkan Getafe dan Sociedad baru sekali berjumpa musim ini. Maka dari itu, untuk saat ini Sociedad berada di atas Getafe karena mereka unggul agresivitas gol.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini