nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rawan Pengaturan Skor, Satgas Antimafia Bola Pelototi Pertandingan di Jatim

Syaiful Islam, Jurnalis · Sabtu 21 Desember 2019 16:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 21 49 2144665 rawan-pengaturan-skor-satgas-antimafia-bola-pelototi-pertandingan-di-jatim-yQTlNqG1uv.jpg

SURABAYA - Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola wilayah Jatim memantau setiap jalannya pertandingan sepak bola nasional, mulai dari liga 1 hingga 3. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya pengaturan skor di setiap pertandingan.

Sebab pertandingan sepak bola rawan terjadinya pengaturan skor. Kondisi tersebut akan membuat pertandingan berjalan secara tidak fair play. Dengan adanya Satgas Antimafia Bola, maka diharapkan setiap pertandingan berjalan dengan sportif.

"Kami akan terus memantau jalannya pertandingan sepak bola nasional, mulai dari liga 1 hingga 3," terang Kepala Satgas Antimafia Bola Wilayah Jawa Timur, Kombes Pol Pitra Ratulangi, Sabtu (21/12/2019).

Baca Juga: Atur Skor Perses Vs Persikasi, 6 Orang Ditangkap

Dalam memantau setiap pertandingan yang rawan pengaturan skor, dirinya melibatkan Kasubdit Jatanras Polda Jatim Kompol Oki Ahadian Purwono sebagai Kasubsatgas Gakkum dan Kanit V Subdit III Jatanras Polda Jatim AKP M. Aldy Sulaeman sebagai Kepala Tim (Katim) Lidik.

"Kami, Satgas Antimafia Bola akan terus awasi setiap pertandingan bola dengan menurunkan tim surveilance serta mengumpulkan semua informasi terkait pertandingan bola," terang Dirreskrimum Polda Jatim ini.

Menurut Pitra, pihaknya memastikan akan menangkap siapapun yang berani mengatur skor pertandingan, mulai dari manajemen klub, pemain, wasit hingga para mafia bola.

"Jika masih ada yang coba bermain-main mengatur pertandingan, akan kami tangkap. Dalam menjalankan tugasnya, terbagi dalam beberapa bagian, mulai dari penganalisa pertandingan melalui video hingga tim yang menggali informasi di lapangan," papar Pitra.

Baca Juga: 9 Orang yang Diduga Atur Skor Kalteng Putra vs Persela Lamongan Dibebaskan

Pitra menambahkan, bila sebuah pertandingan disinyalir sengaja diatur, timnya akan melakukan penyelidikan, mulai dari perwakilan masing-masing suporter, untuk menyaring informasi terkait pertandingan yang dimaksud.

"Termasuk juga mengonfirmasi penyelenggara atau perangkat pertandingan yang bertugas saat pertandingan," tandas Pitra.

Satgas Antimafia Bola Jilid II Mabes Polri terus menggeber tugasnya sejak Agustus 2019 lalu. Sebanyak 13 satgas wilayah juga terus bekerja, termasuk Satgas Wilayah Jawa Timur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini