nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kunci Sukses Persebaya Bungkam Persija Jakarta 2-1 di SUGBK

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 18 Desember 2019 10:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 18 49 2143297 kunci-sukses-persebaya-bungkam-persija-jakarta-2-1-di-sugbk-nCFgFbtDNg.JPG Persebaya Surabaya menang 2-1 atas Persija Jakarta. (Foto: persebaya.id)

SURABAYA – Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, mengungkapkan kunci sukses timnya menang 2-1 atas Persija Jakarta di laga lanjutan pekan ke-33 Liga 1 2019, Selasa 17 Desember. Aji menilai, Bajul Ijo –julukan Persebaya– meraup poin penuh karena berhasil mematikan pergerakan winger kanan Persija, Riko Simanjuntak.

Untuk mematikan Riko, pelatih Aji menggunakan eksperimen. Berhubung Ruben Sanadi tidak dalam kondisi fit, Aji menurukan kapten Rachmat Irianto sebagai fullback kiri. Padahal, posisi asli Rian –sapaan akrab Irianto– adalah bek tengah, dan juga kerap turun sebagai gelandang.

Persebaya Surabaya

Ternyata perjudian yang dibuat Aji Santoso membuahkan hasil manis. Rian mampu mematikan pergerakan Riko. Akibat Riko dimatikan, penyerang Persija Marko Simic jadi jarang mendapatkan suplai matang.

BACA JUGA: Persebaya Kalahkan Persija 2-1, Aji Santoso: Laga yang Tak Mudah

Alhasil di pertengahan laga, pelatih Persija Edson Tavares memainkan Riko sebagai winger kiri. Hanya saja, perubahan posisi yang dialami Riko tidak membantu banyak karena pada akhirnya Persija tumbang 1-2 dari Persebaya.

"Kondisi Ruben tidak memungkinkan untuk dimainkan. Saya lalu berpikir ada Koko (Ariaya), tapi dia belum banyak pengalaman, akhirnya saya memutuskan untuk memasang Rian di situ,” kata Aji mengutip dari laman resmi Persebya, Rabu (18/12/2019).

Persebaya Surabaya

"Ada untungnya memasang Rian di sana, dia bisa menghentikan pergerakan dari Riko Simanjuntak. Sebelumnya sudah sampaikan kepada anak-anak bahwa key player dari Persija adalah Riko dan Simic, jika bisa menghentikan mereka kita bisa memenangkan pertandingan ini," lanjut Aji.

Dua gol Persebaya dicetak Osvaldo Haay pada menit kedelapan dan Diogo Campos (23’). Sementara itu, gol tunggal Persija dicetak Marko Simic di menit ke-31. Berkat kemenangan tersebut, Persebaya pun naik ke posisi tiga klasemen sementara Liga 1 2019 dengan koleksi 51 angka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini