nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bambang Pamungkas Pensiun, Aji Santoso: Ia Inspirasi Banyak Pemain Muda

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 18 Desember 2019 08:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 18 49 2143260 bambang-pamungkas-pensiun-aji-santoso-ia-inspirasi-banyak-pemain-muda-ImF4GEyAcT.jpg Bambang Pamungkas jadi inspirasi banyak pesepakbola muda. (Foto: @bepe20)

JAKARTA – Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, menyebut Bambang Pamungkas sebagai inspirasi banyak pemain muda. Dalam pandangan Aji, banyak hal yang dicapai Bepe –sapaan akrab– semenjak aktif sebagai pesepakbola profesional pada 1999.

Setelah 20 tahun berprofesi sebagai pesepakbola profesional, Bambang Pamungkas mengumumkan pensiun pada Selasa 17 Oktober 2019 malam WIB. Pengumuman itu dilakukan Bepe di hadapan puluhan ribu Jakmania yang baru saja menyaksikan laga Persija vs Persebaya Surabaya di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Bambang Pamungkas

(Bambang Pamungkas saat mengibarkan bendera besar di SUGBK)

Dalam pidato singkat yang diungkapkan, Bepe mengaku mencintai Persija, klub yang selama 14 tahun ia bela. Selain itu, pria 39 tahun itu juga mengaku dicintai seluruh elemen Persija, terutama Jakmania. Karena itulah, banyak yang merasa kehilangan atas keputusan Bepe pensiun dari dunia sepakbola.

BACA JUGA: Rataan Gol Bambang Pamungkas di Tim Nasional Lebih Baik ketimbang Falcao dan Bale

Kapten Persija, Andritany Ardhiyasa, bahkan sampai kini masih teringat dengan pesan Bepe. Ketika masih berstatus sebagai anak gawang Persija, Andritany diyakinkan Bepe untuk menjadi pesepakbola profesional, membela Persija dan kemudian Tim Nasional senior Indonesia.

Ternyata, ucapan Bepe diresapi betul oleh Andritany. Pada akhirnya, Andritany sejak 2010 membela Persija dan terhitung 2014, ia mulai berseragam Skuad Garuda. Bahkan saat ini, eks kiper Sriwijaya FC itu berstatus sebagai kapten Timnas Indonesia.

Bambang Pamungkas

"Saya secara pribadi menilai Bepe bisa jadi inspirasi pemain muda untuk berkembang. Dia pemain profesional dan bisa menjadi contoh inspriasi pemain muda untuk berprestasi," kata Aji Santoso.

"Bepe sudah banyak berbuat untuk sepakbola Indonesia. Semoga bisa dicontoh pemain muda. Semoga dia tetap berkarya di sepakbola," tutup Aji.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini