Imbangi Standard Liege 2-2, Arsenal Lolos sebagai Juara Grup F Liga Eropa 2019-2020

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 02:56 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 13 51 2141347 imbangi-standard-liege-2-2-arsenal-lolos-sebagai-juara-grup-f-liga-eropa-2019-2020-o0mez5A54C.jpg Standard Liege vs Arsenal (Foto: UEFA)

LIEGE Arsenal melawan Stardard Liege pada pertandingan terakhir Grup F Liga Eropa 2019-2020 di Stade Maurice Dufrasne, Jumat (13/12/2019). Arsenal yang tidak boleh kalah dengan skor lebih dari 0-2 untuk lolos ke babak 32 besar menghadapi kesulitan di kandang Liege.

Arsenal memulai pertandingan dengan cukup baik. Penguasaan bola dimiliki Arsenal tetapi mereka kesulitan untuk menembus pertahanan tim tuan rumah. Setelah gagal dalam beberapa kesempatan, Arsenal justru dihukum dengan dua gol dari Liege di awal babak kedua.

Meski begitu, Arsenal mampu bangkit di menit-menit akhir babak kedua sehingga pertandingan berakhir imbang 2-2. Hasil itu menempatkan Arsenal sebagai juara Grup F setelah di pertandingan lainnya Eintracht Frankfurt justru kalah 2-3 dari Vitoria Guimaraes.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Arsenal memulai pertandingan dengan sangat baik. The Gunners –julukan Arsenal– dapat menguasai bola lebih banyak guna menekan pertahanan tim tuan rumah. Akan tetapi, Arsenal kesulitan untuk menembus pertahanan Liege yang cukup kukuh.

Sementara itu, Liege pun tidak hanya bertahan selama pertandingan berjalan. Seiring bertambahnya waktu, Liege mulai menekan balik pertahanan Arsenal. Kini Arsenal tidak bisa mengalirkan bola sebebas sebelumnya karena Liege siap melancarkan serangan balik saat kesalahan dilakukan The Gunners.

Standard Liege vs Arsenal (Foto: UEFA)

Pada menit 27, Bukayo Saka mendapatkan peluang untuk membuka keran gol Arsenal. Berawal dari kerja sama satu-dua dengan Joe Willock, Saka mampu menembus pertahanan kukuh Liege. Saka kemudian melepaskan tembakan ke arah gawang Liege tetapi Arnaud Bodart dapat mengamankan bola dengan baik.

Setelah itu, Saka dan Alexandre Lacazette mendapatkan beberapa peluang untuk mencetak gol tetapi gagal berbuah hasil. Skor kacamata akhirnya dibawa kedua tim ke ruang ganti pemain. Arsenal butuh lebih klinis di depan gawang lawan untuk membuka skor di babak kedua.

Babak Kedua:

Arsenal yang berhasrat untuk mencetak gol pertama di babak kedua dikagetkan dengan aksi Samuel Bastien pada menit 47. Bastien menaklukkan Emiliano Martinez setelah memaksimalkan operan Gojko Cimirot. Arsenal kini tertinggal 0-1 dari Liege dan diburu waktu untuk menyamakan kedudukan.

Namun, pada menit 69 Selim Amallah menambah keunggulan tim tuan rumah. Amallah yang memanfaatkan blunder dari Willock mencetak gol dari dalam kotak penalti usai melewati pengawalan Matteo Guendouzi. Arsenal tertinggal 0-2 dari Liege.

David Luiz vs Standard Liege (Foto: UEFA)

Arsenal baru bisa menyamakan kedudukan pada menit 78. Adalah Lacazette yang mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan umpan lambung Saka dengan sangat baik. Gol itu jadi pembangkit semangat Arsenal untuk mencetak gol kedua.

Gol penyama kedudukan tercipta untuk Arsenal selang dua menit kemudian. Kali ini giliran Saka yang membuat gol melalui sepakan melengkung dari luar kotak penalti Liege. Gol-gol dari Lacazette dan Saka membuat Arsenal meraih hasil imbang 2-2 di kandang Liege. Hasil itu membuat Arsenal lolos ke babak 32 besar sebagai juara Grup F.

Berikut susunan pemain Liege vs Arsenal di Liga Eropa:

Liege (4-5-1): Arnaud Bodart; Collins Fai, Zinho Vanheusden, Konstantinos Laifis, Nicolas Gavory; Mahdi Carcela-Gonzalez, Samuel Bastien, Selim Amallah, Gojko Cimirot, Paul-Jose M'Poku; Renaud Emond.

Arsenal (3-4-2-1): Emiliano Martinez; Sokratis, David Luiz, Konstantinos Mavropanos; Ainsley Maitland-Niles, Joe Willock, Matteo Guendouzi, Bukayo Saka; Reiss Nelson, Emile Smith Rowe; Alexandre Lacazette.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini