nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menang 4-1 atas Arema, Persebaya Naik ke Posisi 3 Klasemen Liga 1 2019

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 12 Desember 2019 17:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 12 49 2141182 menang-4-1-atas-arema-persebaya-naik-ke-posisi-3-klasemen-liga-1-2019-mXXvKar5C6.jpg Comvalius (jersey putih) saat dipepet dua personel Persebaya. (Foto: @AremafcOfficial)

BALIKPAPAN – Persebaya Surabaya menang 4-1 atas Arema FC dalam lanjutan pekan ke-32 Liga 1 2019 yang dilangsungkan di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis (12/12/2019) sore WIB. Keempat gol Persebaya masing-masing dicetak Aryn Williams pada menit keempat, David Da Silva (27’ dan 90+3) dan Diogo Campos (78’). Sementara itu, gol tunggal Arema dicetak Hamka Hamzah di menit 90+2.

Berkat kemenangan atas Arema, Persebaya naik ke posisi tiga klasemen sementara Liga 1 2019 dengan koleksi 48 angka. Raihan 48 poin itu sebenarnya sama persis dengan Persipura Jayapura. Hanya saja, Persebaya racikan Aji Santoso itu unggul atas Persipura baik dalam selisih gol maupun head-to-head.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Persebaya yang berupaya melanjutkan catatan positif di bawah kepelatihan Aji Santoso langsung membangun serangan sejak awal laga. Terbukti, babak pertama baru berjalan empat menit, mereka sudah membuka gol via tembakan jarak jauh Aryn Williams, yang sempat membentur kapten Arema, Hamka Hamzah.

Alhasil, bola berbelok arah dan membobol gawang Arema kawalan Utam Rusdiana. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Bajul Ijo –julukan Persebaya. Tersentak dengan gol tersebut, Arema langsung meningkatkan intensitas serangan.

Sylvano Comvalius dan kawan-kawan hampir menyamakan kedudukan beberapa menit berselang. Saat itu, kiper Persebaya Miswar Saputra gagal menangkap dengan sempurna tembakan salah satu pemain Arema. Beruntung,  sebelum bola disambar Makan Konate, si kulit bulat sudah dapat diantisipasi Miswar.

Alih-alih mencetak gol penyama kedudukan, Arema justru kembali kebobolan. Kali ini aksi solo run David Da Silva dari tengah lapangan untuk kedua kalinya membobol gawang Arema FC. Skor berubah 2-0 untuk keunggulan Persebaya dan bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Di babak kedua, Arema benar-benar memburu gol penyama kedudukan. Terbukti, Makan Konate menciptakan dua peluang matang. Hanya saja, dua tembakan eks pemain Persib Bandung itu gagal membuahkan gol.

Selain dapat ditahan Hansamu Yama, tembakan Konate lainnya dapat dihentikan Miswar. Sekadar diketahui, di pengujung babak pertama Arema memasukkan Alfin Tuassalamony dan Rivaldi Bawuo. Kemudian di menit 74, Ricky Kayame dimasukkan untuk menggantikan posisi Comvalius.

Akan tetapi, masuknya nama-nama di atas tidak memberikan hasil positif bagi Arema. Mereka justru kembali kebobolan untuk yang ketiga kalinya pada menit 78. Kali ini Diogo Campos yang menaklukkan Utam Rusdiana. Skor berubah 3-0 untuk keunggulan Persebaya.

Pada akhirnya, gol yang dinanti Arema hadir di masa injury time lewat aksi Hamka Hamzah. Hanya saja, gol tersebut tidak banyak membantu. Sebab, Persebaya justru mencetak gol keempat di menit 90+3 lewat aksi Da Silva, usai menerima umpan dari Irfan Jaya. Alhasil, Persebaya menang 4-1 atas Arema.

Berikut susunan pemain Persebaya vs Arema FC:

Persebaya: Miswar Saputra, Otavio Dutra Hansamu Yama, Ruben Sanadi (C), Abu Rizal Maulana, Aryn Williams, M. Alwi Slamat, Fandi Eko Utomo, Oktafianus Fernando (Irfan Jaya 63’), Diogo Campos, David Da Silva.

Arema FC: Utam Rusdiana, Arthur Cunha, Hamka Hamzah (C), Johan Farizi, Ricky Ohorella (Alfin Tuassalamony 45’), Hendro Siswanto, Hanif Sjahbandi, Makan Konate, Dendi Santoso, Nur Hardianto (Bawuo 45’), Sylvano Comvalius (Ricky Kayame 74’)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini