nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rekor Pertemuan Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam di SEA Games

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 01 Desember 2019 06:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 01 51 2136534 rekor-pertemuan-timnas-indonesia-u-22-vs-vietnam-di-sea-games-dNtDnDMmad.jpeg Timnas Indonesia U-22 memiliki rekor bagus ketika melawan Vietnam di SEA Games (Foto: PSSI)

MANILA – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 akan kembali berlaga pada Grup B SEA Games 2019, Minggu (1/12/2019) malam WIB. Kali ini, Osvaldo Haay dan kawan-kawan akan menghadapi lawan berat dalam bentuk Vietnam yang berstatus pemuncak klasemen sementara.

Skuad Garuda Muda untuk sementara berada di peringkat dua klasemen Grup B dengan enam poin hasil dari dua laga. Timnas Indonesia U-22 hanya kalah selisih gol dibandingkan Vietnam. Anak asuh Park Hang-seo memiliki surplus 11 gol, sementara skuad arahan Indra Sjafri hanya plus empat.

Baca juga: Jadwal Live Streaming Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam di Okezone

Timnas Vietnam U-22 menempati urutan pertama di Grup B

Pertandingan yang akan dihelat di Stadion Rizal Memoriam, Manila, itu dipastikan bakal berlangsung sengit. Meski begitu, Timnas Indonesia U-22 dapat mengandalkan rekor pertemuan dengan The Golden Stars muda jika bicara soal ajang SEA Games.

Menilik pada rekor pertemuan sejak menggunakan kelompok usia di bawah 23 tahun untuk SEA Games, Indonesia sudah enam kali berjumpa Vietnam. Hasilnya, tim Merah Putih tiga kali menang, dua kali kalah, dan hanya sekali memetik hasil imbang.

Perjumpaan pertama terjadi pada babak penyisihan Grup B SEA Games 2001 di Kuala Lumpur, Malaysia. Indonesia berhasil menang dengan skor 1-0. Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke semifinal, sementara Vietnam harus puas berada di posisi tiga.

Dua tahun kemudian, Vietnam berhasil membalaskan dendam atas Indonesia. Bertindak sebagai tuan rumah, anak-anak Negeri Paman Ho menang 1-0 berkat gol Phan Than Binh di SEA Games 2003. Selang dua tahun, giliran Indonesia kembali menjadi pemenang pada SEA Games 2005 di Filipina. Gol bunuh diri Chau La Puoc Vinh membuat anak asuh Peter White meraih poin penuh.

Timnas Indonesia U-22 harus bisa menjaga rekor apik melawan Vietnam (Foto: PSSI)

Pertemuan selanjutnya baru terjadi pada SEA Games 2011 di Jakarta. Skuad yang diasuh Rahmad Darmawan sukses mengandaskan Vietnam pada babak semifinal dengan skor 2-0 lewat gol Patrich Wanggai dan Titus Bonai. Hasil serupa sayangnya tidak terulang pada SEA Games 2015 di Singapura.

Tim asuhan Aji Santoso itu harus menelan malu. Indonesia dihajar Vietnam 0-5 pada perebutan medali perunggu di Stadion Nasional Singapura pada 15 Juni 2015. Pertemuan terakhir kedua kesebelasan pada SEA Games 2017 di Malaysia hanya menghasilkan skor kacamata alias 0-0.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini