nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meski Gagal Juara, Timnas Indonesia Tetap Lolos ke Piala Asia Futsal 2020

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 27 Oktober 2019 18:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 27 51 2122379 meski-gagal-juara-timnas-indonesia-tetap-lolos-ke-piala-asia-futsal-2020-dcuZRyha5I.jpg Timnas Futsal Indonesia sudah pasti lolos ke Piala Asia Futsal 2020 di Turkmenistan (Foto: Federasi Futsal Indonesia)

HO CHI MINH – Pil pahit harus ditelan Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia pada Final Piala AFF Futsal 2019. Bambang Bayu Saptaji dan kawan-kawan takluk 0-5 dari Thailand pada partai puncak yang berlangsung di Phu Too Indoor Stadium, Ho Chi Minh City, Vietnam, Minggu (27/10/2019) malam WIB.

Kekalahan tersebut tidak perlu diratapi berlama-lama oleh Timnas Futsal Indonesia. Sebab, Thailand adalah raja futsal, sama seperti sepakbola, di Asia Tenggara. Betapa tidak, mereka sudah menyabet 15 kali gelar juara dari 16 turnamen sejak diselenggarakan pada 2001!

Timnas Futsal Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand di Final (Foto: MNC Media)

Baca juga: Takluk 0-5 dari Thailand, Timnas Futsal Indonesia Gagal Juara Piala AFF Futsal 2019

Performa Muhammad Osamanmusa dan kawan-kawan sejak babak penyisihan grup memang mengesankan. Bergabung di Grup A, Thailand mampu menjadi juara grup dengan menyapu bersih tiga partai plus selisih memasukkan dan kemasukan yang mentereng, yakni 33 berbanding 1.

Sebaliknya Indonesia sedikit susah payah di Grup B yang juga dihuni tuan rumah Vietnam. Anak asuh Kensuke Takahashi memang mampu menjadi pemuncak grup, tetapi hanya unggul selisih gol dengan Vietnam yakni plus enam berbanding empat karena kedua tim sama-sama mengemas tujuh poin.

Perjuangan Indonesia pada babak semifinal tidak kalah keras karena hanya menang tipis 4-3 atas Myanmar. Beruntung, masuk final berarti menjamin tiket untuk lolos ke putaran Final Piala Asia Futsal 2020 yang berlangsung di Turkmenistan pada 24 Februari hingga 10 Maret.

Timnas Futsal Indonesia memastikan tempat di Putaran Final Piala Asia Futsal 2020 (Foto: Federasi Futsal Indonesia)

Keikutsertaan itu merupakan yang ke-10 kalinya buat Timnas Futsal Indonesia di Piala Asia. Sayangnya, kiprah Tim Merah Putih tidak terlalu mengesankan saban masuk Piala Asia Futsal. Indonesia selalu tersingkir di babak pertama dengan rekor 32 kali main, menang delapan kali, imbang dua kali, dan 22 sisanya kalah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini