nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Takluk 0-5 dari Thailand, Timnas Futsal Indonesia Gagal Juara Piala AFF Futsal 2019

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Minggu 27 Oktober 2019 18:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 27 51 2122377 takluk-0-5-dari-thailand-timnas-futsal-indonesia-gagal-juara-piala-aff-futsal-2019-ZyvFitSbhr.jpg Timnas Futsal Indonesia (Foto: PSSI)

HO CHI MINH – Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia gagal mengatasi perlawanan Thailand di Final Piala AFF Futsal 2019. Bermain di Phu Tho Indoor Stadium, Ho Chi Minh, pada Minggu (27/10/2019) sore WIB, Indonesia yang tertinggal sejak babak pertama harus menyerah 0-5 di akhir laga.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Thailand langsung mendominasi permainan di awal babak pertama. Tampil dengan tempo tidak terlalu cepat, Kritsada Wongkeaw dan rekan-rekan cukup tenang dan terus mengurung lini pertahanan Indonesia di awal pertandingan.

Akan tetapi, Marvin Alexa dan Rizki Xavier masih berada di posisi yang tepat untuk memutus lajur bola dari para pemain Thailand. Baru beberapa menit berjalan, pelatih Kensuke Takahashi langsung memasukkan paket kedua di laga ini, sementara Thailand masih bermain dengan paketan pertama.

Strategi tersebut cukup bebuah hasil. Indonesia mendapat peluang pertama lewat kaki Andri Kustiawan. Pemain berjuluk The Tractor itu melepas tembakan kaki kanan yang mengarah tepat ke gawang meski masih mampu dihalau kiper lawan.

Thailand berhasil membuka keunggulan di 10 menit berjalan babak pertama. Lewat skema bola mati, Muhammad Osaman Musa yang memanfaatkan umpan Kritsada berhasil menceploskan bola ke gawang setelah tak mendapat kawalan di depan gawang.

Tiga menit jelang laga usai Thailand kembali menambah keunggulan mereka. Tim Foul yang dilakukan penggawa Indonesia memberikan hadiah penalti bagi Thailand. Suphawut Thueanklang yang maju sebagai eksekutor bertugas dengan sangat baik. Indonesia tertinggal 0-2 di babak pertama.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Indonesia bermain dengan lebih percaya diri ketimbang di babak pertama. Kerjasama Ardiansyah Runtuboy dan Rio Pangestu beberapa kali sempat mengancam lini pertahanan Thailand di awal babak kedua.

Tertinggal dua gol di babak pertama membuat Skuad Garuda terus berusaha untuk mengejar ketertinggalan. Runtuboy kembali mendapat peluang cukup baik usai memanfaatkan umpan matang dari Subhan. Sayang, bola masih mampu ditepis penjaga gawang.

Thailand justru menambah keunggulan di babak kedua. Memanfaatkan serangan balik cepat, Warut yang melakukan kerjasama satu dua dengan Suphawut dengan mudah menceploskan bola ke gawang setelah berhadapan satu lawan dua dengan kiper Indonesia.

Tensi pertandingan semakin tinggi di babak kedua. Tidak hanya terjadi di lapangan, bahkan staf kepelatihan Thailand diusir keluar lapangan oleh pengadil pertandingan lantaran beberapa kali melakukan protes keras dari sisi lapangan.

Tiga menit jelang waktu normal selesai, Thailand yang tampil perkasa sejak babak pertama kembali menjauh lewat gol pemain senior mereka, Kritsada Wongkeaw.

Indonesia berusaha segala cara untuk terus mencari peluang. Skema power play pun sudah diterapkan pelatih Kensuke Takahashi jelang laga usai. Akan tetapi, Thailand yang justru berhasil menambah keunggulan sekaligus menutup laga dengan skor akhir 5-0 atas Indonesia.

Dengan hasil ini, Thailand berhasil meraih gelar ke-15 mereka di ajang Piala AFF Futsal. Sejak di gelar pada 2002, Thailand bahkan tercatat hanya gagal meraih gelar juara pada 2010 dimana saat itu Indonesia yang keluar sebagai juara usai mengalahkan Malaysia 5-0 di partai final

Berikut susunan pemain Timnas Futsal Indonesia vs Thailand di Final Piala AFF Futsal 2019

Timnas Futsal Indonesia: Iksan Rahardian, Rizki Xavier, Marvin Alexa, Muhammad Iqbal, Andri Kustiawan.

Cadangan: Muhammad Albagir, Rio Pangestu, Ardiansyah Nur, Ardiansyah Runtuboy, Bambang Bayu Saptaji, Randy Satria, Firman Ardiansyah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini