nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Raih Trofi Ballon dOr, Alisson Ikuti Jejak Lev Yashin

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 10 Juli 2019 19:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 10 51 2077125 raih-trofi-ballon-dor-alisson-ikuti-jejak-lev-yashin-7MKwqejpED.jpg Alisson Becker saat berpose dengan medali emas Liga Champions. (Foto: Mike Egerton/PA)

SAO PAULO Alisson Becker memiliki peluang untuk merebut trofi Ballon dOr 2019. Hal itu jika melihat performa apik yang ditunjukkan kiper asal Brasil tersebut di sepanjang musim 2018-2019. Alisson tak hanya sukses secara tim, namun juga individu.

Bersama tim, kiper 26 tahun itu mengantarkan Liverpool menjadi kampiun Liga Champions 2018-2019. Sementara bersama Brasil, Alisson meraih trofi Copa America 2019 setelah di final menang 3-1 atas Peru.

Alisson Becker saat bela Timnas Brasil

Kemudian di level individu, mantan kiper AS Roma itu meraih tiga gelar Golden Glove yakni di ajang Liga Champions, Liga Inggris dan Copa America. Alisson mencatatkan 22 clean sheet di Liga Inggris, Liga Champions (6) dan Copa America (5).

BACA JUGA: Raih 3 Gelar Golden Glove, Alisson Sabet Trofi Ballon dOr?

Melihat catatan di atas, Alisson layak bersaing memperebutkan trofi Ballon dOr dengan dua kandidat kuat lainnya, Virgil van Dijk dan Lionel Messi. Jika nantinya memenangi trofi Ballon dOr, Alisson tercatat sebagai kiper kedua yang meraih gelar tersebut.

Sebelumnya, kiper pertama yang meraih trofi Ballon dOr adalah penjaga gawang asal Rusia, Lev Yashin. Ia meraihnya pada 1963 setelah mengalahkan Gianni Rivera (Italia) dan Jimmy Greaves (Inggris).

Lev Yashin saat bela Rusia

(Lev Yashin kiper terbaik di masanya)

Setelah Yashin, pencapaian terbaik seorang penjaga gawang di penganugerahan Ballon dOr hanyalah menduduki posisi runner-up. Pencapaian itu dicetak Gianluigi Buffon pada 2006 setelah kalah bersaing dengan sang rekan senegara, Fabio Cannavaro.

Karena itu, Alisson akan mencetak sejarah jika terpilih meraih trofi Ballon dOr 2019. Dibilang mencetak sejarah karena untuk pertama kali di era sepakbola modern, ada penjaga gawang yang meraih status prestisius tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini