PSM Lolos ke Final Kratingdaeng Piala Indonesia meski Kalah 1-2 dari Madura United

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 07 Juli 2019 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 07 49 2075747 psm-lolos-ke-final-kratingdaeng-piala-indonesia-meski-kalah-1-2-dari-madura-united-hTX3kGvPby.jpg Zulham Zamrun vs Madura United (Foto: Twitter/@PSM_Makassar)

MADURA – Madura United menjamu PSM Makassar dalam leg II Kratingdaeng Piala Indonesia 2018-2019 di Stadion Gelora Madura, Minggu (7/7/2019), sore WIB. Setelah mengakhiri leg I dengan kekalahan 0-1, Madura United wajib untuk meraih kemenangan minimal 2-0 untuk lolos ke partai puncak guna berhadapan dengan Persija Jakarta.

Madura United yang butuh kemenangan pun berusaha untuk langsung melancarkan serangan. Akan tetapi, PSM rupanya meladeni permainan terbuka Madura United sehingga pertandingan pun berjalan dengan ketat.

Madura United mampu menang 2-1 atas PSM tetapi mereka gagal melenggang ke partai puncak karena kalah gol tandang. Alhasil, PSM yang akan berjumpa Persija di partai puncak Kratingdaeng Piala Indonesia 2018-2019.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Madura United yang didukung fans di kandang sendiri harus menerima tekanan lebih dulu oleh PSM. Kendati demikian, lini pertahanan Laskar Sape Kerap –julukan Madura United– masih mampu menaham serangan PSM.

Selang 10 menit babak pertama berjalan, belum ada peluang berbahaya yang didapatkan kedua tim. Lini pertahanan masing-masing tim amat menonjol karena mampu menyaring setiap serangan yang lawan lakukan.

Madura United mendapatkan peluang berbahaya pertama melalui tendangan bebas pada menit 20. Greg Nwokolo bekerja sama dengan Alesandar Rakic dalam mengeksekusi tendangan bebas tersebut.

Setelah melakukan dua sentuhan, Rakic mengambil tendangan bebas akurat ke gawang PSM yang masih mampu diamankan sang kiper, Hilmansyah. Bola pantulan juga mampu diamakan pertahanan PSM sehingga kedudukan di papan skor belum berubah.

Jamie Xavier, Aleksandar Rakic dan Greg Nwokolo (Foto: Twitter/@MaduraUnitedFC)

Setelah peluang itu, permainan lebih dikuasai Madura United sedangkan PSM dipaksa untuk lebih banyak bertahan. Pada menit 25, Madura United lagi-lagi mendapatkan tendangan bebas di depan gawang PSM.

Rakic yang untuk kedua kali menjadi algojo tendangan bebas Madura United melakukan sepakan keras terarah yang sayangnya harus membentur mistar gawang. Selang enam menit kemudian, Madura United mendapatkan penalti pada menit 31 karena Albertto Goncalves dilanggar Beny Wahyudi.

Rakic yang dipercaya menjadi algojo mampu mengkonversikan penlati itu menjadi gol. Madura United akhirnya unggul 1-0 atas PSM sekaligus menyamakan agregat jadi 1-1 pada menit 34.

Setelah gol itu, PSM mencoba untuk keluar menyerang karena butuh mengembalikan keunggulan agregat yang sebelumnya dimiliki. Kendati demikian, tidak ada gol tambahan yang tercipta untuk kedua tim hingga babak pertama selesai.

Babak Kedua

PSM yang butuh gol melancarkan serangan ke pertahanan Madura United. Kendati demikian, pertahanan Madura United yang dipimpin Jamie masih cukup kukuh untuk PSM tembus.

Pada menit 50, Rasyid Bakri hampir membuat rekan-rekan setimnya bersuka cita andaikan sepakan keras yang dilakukan untuk membobol gawang Madura United tak dihalau Ridho. Sepak pojok pun didapatkan PSM tetapi mampu diamankan dengan baik oleh Ridho kembali.

Keasyikan menyerang justru mendatangkan petaka untuk PSM karena Madura United mampu membuat gol kedua pada meni 58. Rakic yang menerima umpan sundulan kepala dari Greg melakukan hal serupa untuk mengembalikan bola.

Greg yang menerima umpan itu hanya melakukan sekali kontrol sebelum melepaskan tembakan keras dari sudut sempit sisi kiri gawang PSM. Tembakan keras itu membuat Hilmansyah harus memungut bola dari gawangnya untuk kedua kali.

Guy Junio vs Jamie Xavier (Foto: Twitter/@PSM_Makassar)

Setelah kebobolan untuk kedua kali dalam pertandingan maka PSM tak punya pilihan selain keluar menyerang demi membuat satu gol. Pasalnya, apabila PSM mampu membuat gol maka Juku Eja –julukan PSM– yang akan melenggang ke partai puncak.

Usaha PSM akhirnya berbuah hasil saat Aaron Evans mencetak gol pada menit 83. Evans meneruskan sundulan sundulan Bayu Gatra yang membentur mistar gawang Madura United dengan kakinya untuk memperkecil kedudukan jadi 1-2.

Skor 2-1 untuk kemanangan Madura United atas PSM bertahan di papan skor hingga pertandingan selesai. Kendati demikian, PSM yang berhak melenggang ke partai puncak untuk berhadapan dengan Persija karena unggul gol tandang.

Berikut susunan pemain Madura United vs PSM di Kratingdaeng Piala Indonesia 2018-2019.

Madura United: Muhammad Ridho; Jamie Xavier, Fandry Imbiri, Rendika Rama, Marckho Sandi; Zulfiandi, Slamet Nurcahyo, Alafath Fathier; Alberto Goncalves, Greg Nwokolo, Aleksandar Rakic.

PSM: Hilmansyah; Abdul Rahman, Aaron Evans, Beny Wahyudi, Asnawi Mangkualam Bahar; Marc Klok, Rizky Pellu, Rasyid Bakri; Muhammad Rahmat, Zulham Zamrun, Guy Junior.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini