nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kalah Telak 0-3 dari Peru, Langkah Cile di Copa America 2019 Terhenti

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 09:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 04 51 2074439 kalah-telak-0-3-dari-peru-langkah-cile-di-copa-america-2019-terhenti-xuGoJUQdIJ.jpg Cile kalah 0-3 dari Peru (Foto: Reuters)

PORTO ALEGRE – Cile melakoni partai semifinal Copa America 2019 dengan melawan Peru di Arena do Gremio, Pagi WIB. Cile yang berpredikat juara bertahan dalam dua edisi terakhir pun bertekad untuk mengalahkan Peru demi melenggang ke partai puncak dan menghadapi Brasil.

Namun, Peru bukan lawan yang mudah untuk ditaklukkan Cile. Kedua tim pun bertarung dengan sengit sepanjang jalannya laga. Cile yang notabene memiliki skuad lebih berkualitas harus menerima kenyataan kalah 0-3 dari Peru pada akhir laga.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Cile yang dipimpin Alexis Sanchez langsung menekan pertahanan Peru sejak menit-menit awal babak pertama. Akan tetapi, pertahanan Peru masih cukup sigap untuk menghalau serangan Cile.

Kendati demikian, Peru justru mendapatkan peluang berbahaya pertama untuk mencetak gol pada menit kedua. Kerja sama antara Paolo Guerrero dan Christian Cueva mengacak-acak pertahanan Cile. Beruntung bagi Cile, tendangan Cueva yang menerima umpan dari Guerrero gagal berbuah gol karena arahnya masih belum tepat.

Setelah peluang itu, Cile tetap mampu menguasai bola tetapi peluang berbahaya justru lebih sering didapatkan Peru. Peluang yang didapatkan Peru akhirnya berbuah gol pada menit 21 saat Edison Flores membobol gawang Cile dengan sepakan kaki kirinya.

Para pemain Peru merayakan gol ke gawang Cile (Foto: Reuters)

Gol itu membuat Peru semakin bersemangat untuk melancarkan serangan ke pertahanan Cile lagi. Usaha Peru lagi-lagi berbuah manis pada menit 38 saat Yoshimar Yotun menggandakan keunggulan timnya atas Cile.

Cile pun seketika tertinggal dua gol dari Peru tetapi Sanchez dan kawan-kawan berusaha untuk bangkit mengejar ketinggalan sebelum babak pertama selesai. Patut disayangkan, peluang-peluang yang dibuat Cile belum ada yang berbuah hasil hingga waktu turun minum tiba.

Babak Kedua

Cile yang butuh dua gol untuk menyamakan kedudukan dengan Peru gencar melakukan serangan sejak menit-menit awal babak kedua. Sanchez yang memimpin lini depan Cile berusaha untuk menembus pertahanan Peru dengan kemampuan individunya tetapi itu masih belum cukup.

Cile baru mendapatkan peluang berarti pada menit 51 ketika Eduardo Vargas melakukan sundulan terarah yang mematikan langkah kiper Peru, Pedro Gallese. Kendati demikian, keberuntungan belum memihak Cile karena bola justru membentur tiang gawang dan pantulannya pun mampu diamankan Gallese dengan baik.

Setelah itu, jual beli serangan pun terjadi antara Cile dan Peru. Kedua tim sama-sama berusaha untuk mencetak gol yang dapat mengubah jalannya laga. Peru dua kali mendapatkan peluang dalam kurun waktu tiga menit.

Paolo Guerrero (Foto: Reuters)

Peluang pertama didapatkan Yotun pada menit 60 tetapi belum berbuah hasil. Selang tiga menit kemudian, giliran Cueva yang mencoba peruntungannya ke gawang Peru tetapi usaha itu juga belum mengubah kedudukan di papan skor.

Pada menit 75, Sanchez bekerja sama dengan Vargas untuk membongkar pertahanan Peru. Nama terakhir yang disebutkan melepaskan sepakan keras ke gawang Peru tetapi Gallese masih sigap untuk menggagalkannya.

Usaha Cile untuk menyamakan kedudukan akhirnya pupus saat Guerrero mencetak gol ketiga Peru pada menit 91. Guerrero yang mendapatkan umpan dari Renato Tapia secara apik mampu menempatkan bola ke dalam gawang Cile.

Drama terjadi saat Cile mendapatkan penalti pada menit 95 tetapi Vargas yang menjadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Kegagalan penalti Vargas sekaligus mengakhiri laga tersebut sehingga Cile gugur di semifinal Copa America 2019 setelah takluk tiga gol tanpa balasa dari Peru.

Berikut susunan pemain Cile vs Peru di Copa America 2019.

Cile (4-3-3): Gabriel Arias; Mauricio Isla, Gary Medel, Guillermo Maripan, Jean Beausejour; Arturo Vidal, Erick Pulgar, Charles Aranguiz; Jose Pedro Fuenzalida, Alexis Sanchez, Eduardo Vargas.

Peru (4-2-3-1): Pedro Gallese; Luis Advincula, Carlos Zambrano, Luis Abram, Miguel Trauco; Renato Tapia, Yoshimar Yotun; Andre Carrillo, Christian Cueva, Edison Flores; Paolo Guerrero.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini