nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemain Man United yang Alami Penurunan Harga Pasar, Nomor 1 Paling Drastis

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 19 Juni 2019 12:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 19 45 2068206 5-pemain-man-united-yang-alami-penurunan-harga-pasar-nomor-1-paling-drastis-kFTUWzCw9H.JPG Romelu Lukaku menjadi salah satu pemain Man United yang harga pasarnya anjlok (Foto: David Klein/Reuters)

BURSA transfer musim panas biasa dimanfaatkan klub-klub Eropa untuk memperkuat skuad serta melepas pemain yang dianggap kurang maksimal. Manchester United juga tidak jauh berbeda, dan siap melego beberapa pemain yang dinilai tidak masuk dalam skema permainan Manajer Ole Gunnar Solskjaer.

Para pemain tersebut dianggap telah menurun performanya, entah karena umur atau rentan cedera. Sayangnya, menjual pemain tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada harga transfer yang perlu disepakati.

Harga jual pemain bisa melambung tinggi atau bahkan merosot tajam sesuai permintaan pasar serta penampilan sang pesepakbola sendiri. Melihat penampilan mengecewakan Man United sepanjang musim 2018-2019, tentu beberapa pemain harus rela melihat harga jualnya merosot tajam.

(Baca juga: 5 Pemain yang Telah Tentukan Pilihan di Penganugerahan Trofi Ballon dOr 2019)

Berikut lima pemain Man United yang alami penurunan harga pasar, melansir dari Sportskeeda, Rabu (19/6/2019).

5. Romelu Lukaku

Didatangkan dengan harga mahal dari Everton pada bursa transfer musim panas 2017, Romelu Lukaku dinilai gagal memenuhi ekspektasi sebagai juru gedor utama. Musim lalu, torehan gol penyerang berpaspor Belgia itu sangat minim, hanya 12 buah dari 32 penampilan di Liga Inggris 2018-2019.

Romelu Lukaku

Inkonsistensi penampilan membuat Ole Gunnar Solskjaer dikabarkan ingin melepas Romelu Lukaku. Penyerang berusia 26 tahun itu kini hanya berbanderol 75 juta Euro (setara Rp1,19 triliun) atau menurun 15 juta Euro (senilai Rp239 miliar) dari harga awal musim lalu.

4. Nemanja Matic

Salah satu gelandang tengah terbaik di Liga Inggris ini tidak menjalani musim yang buruk-buruk amat di Man United. Nemanja Matic masih menjadi pilihan utama untuk menjaga stabilitas di lini tengah Setan Merah meski kepelatihan berganti dari Jose Mourinho ke Ole Gunnar Solskjaer.

Akan tetapi, penampilan pemain yang akan berusia 31 tahun pada Agustus 2019 itu sedikit menurun. Nemanja Matic hanya tampil sebanyak 28 kali musim lalu gara-gara cedera. Persiapan selama masa pramusim yang kurang ideal karena Piala Dunia 2018 dinilai menjadi penyebab.

Nemanja Matic

Imbasnya, gelandang berkebangsaan Serbia itu mengalami penurunan harga transfer. Nemanja Matic ditaksir memiliki harga jual 30 juta Euro (setara Rp479 miliar). Harganya menurun sebanyak 25% ketika dibeli Man United senilai 40 juta Euro (setarap Rp638 miliar) pada bursa transfer musim panas 2017.

3. Eric Bailly

Pemain belakang berkebangsaan Pantai Gading ini sempat tampil menjanjikan di awal kedatangannya pada bursa transfer musim panas 2016. Eric Bailly digadang-gadang sebagai solusi jitu atas buruknya pertahanan Man United.

Apalagi, Eric Bailly datang di usia yang masih relatif muda untuk ukuran bek tengah, yakni 22 tahun. Sayang, kaki pemain yang kini berusia 25 tahun itu rentan mengalami cedera. Eks pemain Villareal itu kini tengah menjalani pemulihan akibat cedera lutut.

Eric Bailly

Faktor rentan cedera pula yang membuat harga pasar Eric Bailly turun drastis dibandingkan bursa transfer pemain 2018. Jika Man United hendak menjual Eric Bailly, maka harga pasarnya hanya 25 juta Euro (setara Rp399 miliar) atau turun 28,6% dari banderol semula 35 juta Euro (setara Rp559 miliar).

2. Juan Mata

Berbeda dengan Eric Bailly, Romelu Lukaku, dan Nemanja Matic, harga jual pemain yang satu ini turun drastis karena durasi kontrak dan usianya. Juan Mata sesungguhnya terikat kontrak hingga 30 Juni 2019. Namun, Man United punya opsi perpanjangan otomatis selama 12 bulan sehingga baru berakhir pada 30 Juni 2020.

Juan Mata

Jika terus dipertahankan tanpa negosiasi baru hingga Juni 2020, maka Man United akan kehilangan The Special Juan dengan gratis musim depan. Harga pasar pemain asal Spanyol itu kini hanya 20 juta Euro (setara Rp319 miliar) apabila ada klub yang berminat memakai jasanya.

Kabar terakhir menyebutkan Man United siap menawarkan perpanjangan kontrak selama tiga tahun untuk Juan Mata. Namun, melihat usianya yang sudah menginjak 31 tahun, harga pasarnya diprediksi tidak akan mengalami peningkatan.

1.Alexis Sanchez

Pemain berkebangsaan Cile ini gagal menampilkan performa terbaiknya selama 1,5 musim bermukim di Stadion Old Trafford. Alexis Sanchez hanya mampu mencetak dua gol dan memberi tiga assist dalam sembilan penampilannya di Liga Inggris 2018-2019. Sebuah statistik yang mengkhawatirkan.

Cedera menjadi penyebab utama menurunnya penampilan Alexis Sanchez sepanjang 2018-2019. Meski digaji mahal, ia didatangkan pada Januari 2018 lewat skema pertukaran pemain dengan Henrikh Mkhitaryan. Harga transfer Alexis Sanchez pun anjlok jika dibandingkan Juni 2018.

Alexis Sanchez

Setahun lalu, harga jual Alexis Sanchez menyentuh angka 70 juta Euro (setara Rp1,11 triliun). Kini harganya hanya tinggal separuhnya alias 35 juta Euro (setara Rp559 miliar). Banderol tersebut diprediksi akan semakin turun karena klub-klub peminat tentu ogah membeli pemain berusia 30 tahun yang rentan cedera serta penampilannya angin-anginan dengan harga mahal.

1
5

Berita Terkait

Soccer Time

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini