nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wenger Sebut Gol Suarez Tercipta karena Kesalahan Van Dijk

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 02 Mei 2019 11:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 02 261 2050513 wenger-sebut-gol-suarez-tercipta-karena-kesalahan-van-dijk-HH3PrJG99z.jpg Aksi Suarez saat cetak gol ke gawang Liverpool. (Foto: UEFA)

BARCELONA Liverpool gagal memetik kemenangan penting saat bertandang ke markas Barcelona di laga leg I semifinal Liga Champions 2018-2019 pada Kamis (2/5/2019) dini hari WIB. Pada pertandingan tersebut, Liverpool dihajar tim tuan rumah dengan skor 0-3.

Gol pertama Barcelona yang disumbangkan oleh Luis Suarez pada menit ke-26 diduga menjadi titik di mana kekalahan Liverpool mulai terlihat. Namun menurut mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, kejadian gol Suarez itu sebenarnya bisa saja dicegah. Wenger pun yakin bila Suarez gagal mencetak gol pada saat itu, aliran permainan mungkin takkan sama seperti hasil yang sudah didapatkan.

Baca Juga: Ingin Contoh Diving Neymar, Messi Malah Gagal Total

Jadi menurut Wenger gol pertama Barcelona tersebut masih bisa dihentikan jika saja bek Liverpool, Virgil van Dijk, mau bergerak menutup arah tendangan Suarez yang mendapatkan umpan silang dari Jordi Alba. Karena Wenger menilai Van Dijk berkesempatan untuk menutupi arah bola karena posisi bek asal Belanda tersebut tepat di belakang Suarez.

Akan tetapi nyatanya Van Dijk justru terdiam dan tak melakukan pergerakan sedikit pun untuk mendekati Suarez. Wenger percaya gangguan sedikit saja mungkin bisa memecahkan konsentrasi pemain asal Uruguay tersebut. Jadi dengan membiarkan Suarez tanpa kawalan itulah yang ia berani menyalahkan Van Dijk atas gol pertama Barcelona di laga tersebut. Padahal Wenger sangat yakin dengan kualitas yang dimiliki Van Dijk, maka mampu untuk menghentikan Suarez untuk mencetak gol.

“Ketika kompetisi sudah mulai ingin mencapai tahap final, maka mereka jelas setara dengan kualitas yang dimiliki Barcelona. Anda telah melihat gol (Barcelona), mereka menciptakan satu peluang dan langsung gol,” kata Wenger, dikutip dari Daily Mail, Kamis (2/5/2019).

“Hal itu sangat menarik karena Van Dijk mampu menutupnya, namun dia harus mendekati Suarez terlebih dahulu untuk bisa menutupi arah gerak bola. Padahal dengan kualitas yang dimiliki bek tengah itu dia mampu, tapi dia justru melepaskan Suarez. Sejak awal, posisinya tidaklah buruk, namun dia menolak untuk bergerak,” lanjutnya.

Kini dengan kekalahan 0-3 itu, Liverpool memiliki pekerjaan yang sulit di leg kedua semifinal Liga Champions 2018-2019 nanti. Mereka harus mempersiapkan semaksimal mungkin agar bisa mengalahkan Barcelona dengan skor 4-0 pada Rabu 8 Mei 2019 jika ingin lolos ke final.

(RNR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini