nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanpa Jokowi, Piala Presiden 2019 Resmi Dibuka

CDB Yudistira, Jurnalis · Sabtu 02 Maret 2019 17:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 02 49 2024970 tanpa-jokowi-piala-presiden-2019-resmi-dibuka-PwB9tma1yN.jpg Pendukung Persib Bandung yang memenuhi Stadion si Jalak Harupat. (Foto: Okezone/CDB Yudistira)

BANDUNG Piala Presiden 2019 resmi bergulir setelah prosesi pembukaan dilakukan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (2/3/2019) sore WIB. Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), tidak hadir dalam prosesi pembukaan turnamen pramusim ini.

Rangkaian kegiatan pembukaan sendiri diawali dengan game fun. Sebanyak 60 anak bermain sepakbola melawan empat pemain dari kontestan di Grup A Piala Presiden yang digabung dalam satu tim. Keempat pemain tersebut yakni Syafril Lestaluhu (Persib Bandung), Imam Arief Fadillah (Persebaya), Feby Eka Putra (PS TIRA Persikabo), dan Wildan (Perseru Serui). Pertandingan pun berlangsung penuh tawa karena empat pemain 'dikeroyok' 60 anak dalam beberapa menit.

Prosesi pembukaan pun dilanjutkan dengan serangkaian acara, mulai dari penampilan Ipang dan Ridho 'Slank' hingga sambutan dari perwakilan Steering Committee Piala Presiden, Maruarar Sirait. Setelah itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, pun membacakan sambutan Jokowi yang tak bisa hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Imam menyampaikan permohonan maaf Jokowi yang tak bisa menghadiri langsung acara tersebut. Menpora mengatakan ketidakhadiran orang nomor satu di Indonesia ini terjadi karena Jokowi kini tengah berada di Kendari, Sulawesi Tenggara, untuk menghadiri sebuah kegiatan.

BACA JUGA: Persebaya Pantang Jemawa, Perseru Tanpa Beban di Piala Presiden

Meski tidak hadir, Jokowi tetap mengajak semua pihak untuk turut menyukseskan Piala Presiden. Hal itu disampaikan melalui sebuah pantun yang diutarakan oleh Menpora.

"Ke Soreang beli ketupat, mampir ke Jogja ketemu raden. Selamat datang di Stadion Jalak Harupat, mari kita meriahkan acara Piala Presiden," kata Imam membacakan sambutan Jokowi.

Secara khusus, Jokowi pun berpesan agar suporter seluruh klub di Indonesia untuk menjaga kerukunan satu sama lain. Ia berharap tak ada lagi perseteruan, apalagi sampai menimbulkan korban jiwa.

"Kepada suporter, mari kita sama-sama hentikan perseteruan yang tidak perlu, jangan lagi ada korban," ucap Menpora.

Usai memberi sambutan, Imam bersama jajaran pejabat yang hadir kemudian memasuki lapangan. Imam lalu menyerahkan bola secara simbolis kepada wasit sebagai tanda dibukanya Piala Presiden 2019 secara resmi.

(dji)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini