nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jiwa Melatih Solskjaer Sudah Tumbuh sejak Jadi Pemain, Berkat Ferguson?

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 12 Februari 2019 11:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 12 45 2016750 jiwa-melatih-solskjaer-sudah-tumbuh-sejak-jadi-pemain-berkat-ferguson-OoccDbxhqt.jpg Solskjaer muda saat mendapat arahan dari Ferguson. (Foto: PA)

MANCHESTER – Nama Ole Gunnar Solskjaer di dunia kepelatihan melonjak. Hal itu semenjak pelatih 45 tahun tersebut mengangkat performa Manchester United dari keterpurukan. Semenjak ditunjuk sebagai pelatih caretaker Man United pada Rabu 18 Desember, pria asal Norwegia itu telah memimpin Paul Pogba dan kawan-kawan dalam 11 pertandingan.

Hasilnya, Man United mengemas 10 menang dan satu imbang dalam periode tersebut! Berkat pencapaian di atas, Solskjaer pun disinyalir dalam waktu dekat akan diangkat sebagai pelatih permanen The Red Devils.

Ole Gunnar Solskjaer

Pada Minggu 10 Februari 2019, dua petinggi Man United Ed Woodward dan Avram Glazer mengadakan pertemuan dengan agen Solskjaer, Jim Solbakken. Pertemuan membahas seputar pengangkatan Solskjaer sebagai pelatih permanen Setan Merah.

BACA JUGA: Absennya Neymar dan Cavani Sulitkan Solskjaer Racik Taktik

Sebenarnya, kecapakan Solskjaer dalam melatih bukanlah hal yang mengherankan, terutama bagi para pemain Man United di era 1990 hingga 2000-an. Salah satu legenda Man United, Ryan Giggs, menyebut Solskjaer sudah memiliki jiwa melatih tatkala dirinya masih berstatus sebagai pemain.

Ketika mengalami cedera, Solskjaer tidak hanya berdiam diri. Solskjaer selalu mencatat apa saja instruksi yang diberikan oleh pelatihnya saat itu, Sir Alex Ferguson. Pendekatan strategi maupun personal yang dilakukan Ferguson benar-benar diperhatikan Solskjaer.

Ole Gunnar Solskjaer

“Di sebuah pertandingan ketika dirinya duduk di bangku cadangan atau saat menjalani sesi latihan, ia selalu mencatat sesuatu. Saat itu, Ole (sapaan Solskjaer) selalu mencoba mengalisis lawan dan apa yang akan dilakukan mereka,” tulis Ferguson di buku autuobiografinya.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini