nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kalah 2 Kali, Vietnam Masih Miliki Peluang Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2019

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 15 Januari 2019 12:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 15 51 2004673 kalah-2-kali-vietnam-masih-miliki-peluang-lolos-ke-16-besar-piala-asia-2019-o3ffF91VNY.jpg Nguyen Quang Hai pemain andalan Vietnam. (Foto: AFC)

AL AIN – Tim Nasional (Timnas) Vietnam memang sudah dua kali kalah di Fase Grup D Piala Asia 2019. Setelah ditundukkan Irak 2-3, Golden Stars –julukan Vietnam– tumbang 0-2 dari Iran. Meski begitu, bukan berarti peluang tim asuhan Park Heng-seo untuk mentas di babak 16 besar Piala Asia 2019 sudah tertutup.

Nguyen Cong Phoung dan kawan-kawan masih bisa lolos ke fase knockout asalkan menang telak atas Yaman dalam laga terakhir Grup D Piala Asia 2019, Rabu 16 Januari 2019. Peluang Vietnam menang telak atas Yaman pun cukup terbuka.

Timnas Vietnam

Sebab, tim asal Negeri Jazirah Arab itu tampil standar di dua laga awal Piala Asia 2019. Setelah dihajar Iran 0-5, Yaman dibungkam Irak 0-3. Jika sanggup mengalahkan Yaman dengan skor meyakinkan, Vietnam akan lolos ke 16 besar lewat status peringkat tiga terbaik.

BACA JUGA: Siapa Lawan Thailand di Babak 16 Besar Piala Asia 2019?

Sekadar informasi, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) mengizinkan empat tim peringkat tiga terbaik untuk mentas di 16 besar. Setelah melalui dua pertandingan, lantas berada di posisi berapa Vietnam dalam klasemen tim peringkat tiga terbaik?

Vietnam saat ini menduduki posisi lima di urutan peringkat tiga terbaik. Jika tetap bertahan di posisi tersebut, mereka takkan lolos, mengingat hanya empat tim teratas (peringkat tiga terbaik) yang diizinkan tampil di 16 besar.

Klasemen peringkat 3 terbaik

(Klasemen sementara peringkat tiga terbaik)

Jika melihat daftar lawan di match terakhir, Vietnam bisa naik ke posisi empat asalkan Suriah terpeleset. Saat ini Suriah menempati posisi dua tim dengan peringkat tiga terbaik. Dari dua pertandingan, Suriah mengoleksi satu poin. Akan tetapi, ambisi Suriah menambah koleksi poin di laga terakhir agak terganjal.

Hal itu karena mereka akan menghadapi Australia yang berambisi menutup fase grup dengan kemenangan. Karena itu, asalkan menang atas Yaman, Vietnam memiliki peluang untuk tampil di babak 16 besar Piala Asia 2019.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini