nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bantai UEA 4-0, Timnas Qatar Lolos ke Final Piala Asia 2019

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 29 Januari 2019 23:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 29 51 2011140 bantai-uea-4-0-timnas-qatar-lolos-ke-final-piala-2019-5jXtOJVxw1.jpg Timnas Qatar menang telak 4-0 atas tuan rumah Uni Emirat Arab di Semifinal Piala Asia 2019 (Foto: AFC Asian Cup/Twitter)

ABU DHABI – Laju Tim Nasional (Timnas) Qatar di Piala Asia 2019 tidak tertahan lagi. Harapan Uni Emirat Arab (UEA) sebagai tuan rumah untuk melaju ke final harus kandas. Timnas Qatar menang telak 3-0 atas UEA pada Semifinal Piala Asia 2019, Selasa (29/1/2019) malam WIB di Stadion Mohammad Bin Zayed, Abu Dhabi.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Tekanan dari suporter tuan rumah tidak menyurutkan semangat Qatar. Anak asuh Felix Sanchez itu berani menekan sejak awal demi menyusul Timnas Jepang ke babak Final Piala Asia 2019.

(Baca juga: Hajar Iran 3-0, Jepang Melaju ke Final Piala Asia 2019)

Boualem Khoukhi membawa Timnas Qatar unggul 1-0 (Foto: AFC Asian Cup/Twitter)

Publik tuan rumah benar-benar dikejutkan dengan gol dari Boualem Khoukhi di menit ke-22 lewat serangan balik cepat. Pemain berusia 28 tahun itu mampu menyelesaikan dengan manis umpan dari Akram Hassan Afif untuk membuat negaranya unggul 1-0.

Hassan Afif kembali menjadi arsitek gol kedua Qatar yang kali ini dicetak oleh Almoez Ali pada menit ke-37. Sepakan kaki kanan Ali gagal diselamatkan dengan baik oleh kiper Khalid Essa. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Qatar.

Babak Kedua

Unggul dua gol semakin membuat Timnas Qatar di atas angin memasuki babak kedua. UEA yang mencoba bangkit baru bisa mendapat peluang terbaik di menit ke-61 lewat sundulan penyerang andalan mereka, Ali Mabkhout, tetapi bisa digagalkan kiper Saad al Sheeb.

Timnas Qatar vs UEA (Foto: laman resmi AFC)

Qatar justru semakin menjauh dengan gol ketiga yang dicetak oleh Hasan al Haydos di menit ke-80. Akram Hassan Afif benar-benar menjadi mimpi buruk bagi Timnas UEA yang dilatih Alberto Zaccheroni dengan membidani gol ketiga tersebut.

Alberto Zaccheroni makin merana setelah anak asuhnya harus bermain dengan 10 orang karena kartu merah Ismail Ahmed di injury time. Pada periode yang sama, Qatar menambah satu gol lagi lewat Hamid Ismaeil yang baru masuk di menit ke-90. Skor akhir 4-0 membawa Qatar lolos ke babak final guna menantang Jepang pada Jumat 1 Februari 2019.

Berikut susunan pemain Timnas Qatar vs UEA di Semifinal Piala Asia 2019, Selasa (29/1/2019)

Timnas Qatar: Saad al Sheeb; Pedro Correia (Tameem 90’), Boualem Khoukhi, Tarek Salman, Abdelkarim Hassan; Assim Madibo, Salem al Hajri; Hassan al Haidos, Karim Boudiaf, Akram Hassan Afif (Hamid Ismaeil 90’); Almoez Ali (Ahmed al Aaeldin 86’)

Pelatih: Felix Sanchez

Timnas UEA: Khalid Essa; Bandar Mohammed, Ismail Ahmed, Fares Juma al Saadi, Walid Abbas; Khamis Esmaeel, Amer Abdulrahman (Matar 46’), Ali Hassan Salmin; Saif Rashid (Abdulrahman 70’); Ali Ahmed Mabkhout, Ismail al Hamadi (Ahmed Khalil 51’)

Pelatih: Alberto Zaccheroni

(ADP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini