nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Langgar Aturan, Pelatih PSM Heran Laga Persija vs Mitra Kukar Digelar di SUGBK

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2018 13:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 06 49 1987583 langgar-aturan-pelatih-psm-heran-laga-persija-vs-mitra-kukar-digelar-di-sugbk-YzFGMOqtHK.jpg Persija jamu Mitra Kukar di SUGBK. (Foto: Persija.id)

MAKASSAR – Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts, heran mengapa laga Persija vs Mitra Kukar bisa diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Juru taktik asal Belanda itu heran karena dengan digelar di SUGBK, otomatis Mitra Kukar tak bisa melakukan latihan resmi di stadion tersebut, satu hari jelang pertandingan.

Sekadar diketahui, satu hari jelang pertandingan, SUGBK tak bisa digunakan untuk menggelar pertandingan maupun latihan. Sebab, di hari tersebut stadion kebanggaan masyarakat Indonesia itu sedang digunakan untuk acara keagamaan.

SUGBK

Padahal, sesuai regulasi yang dikeluarkan PT Liga Indonesia Baru (LIB), tim tandang wajib menjajal venue satu hari jelang pertandingan. Karena itu, Rene Alberts menyayangkan PT LIB yang dianggapnya telah melanggar aturan yang telah dibuat.

“Saya mendapat informasi Mitra Kukar tidak bisa latihan resmi, karena pada hari yang sama ada event. Regulasi menyatakan, tim tandang harus latihan resmi satu hari sebelum bertanding di tempat pertandingan. Kalau seperti ini, untuk apa regulasi itu dibuat,” kata Rene Alberts mengutip dari Goal Indonesia, Kamis (6/12/2018).

BACA JUGA: Teco dan Rene Alberts Tahan Ambisi Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Sebenarnya bukan hanya Mitra Kukar yang pernah dirugikan karena tak bisa menjajal venue satu hari sebelum pertandingan. PSM pernah mengalami nasib serupa saat bertandang ke markas PS Tira pada Rabu 19 September 2018.

Seharusnya, PSM dijadwalkan menjalani latihan resmi pada Selasa 18 September 2018. Akan tetapi, Rizky Pellu dan kawan-kawan tak bisa berlatih karena di hari tersebut, stadion digunakan Persija untuk menjamu PSIS Semarang.

Robert Rene

Terlepas dari itu, persaingan gelar juara Liga 1 2018 kali ini tinggal diperebutkan Persija dan PSM. Hingga pekan 33 atau tinggal menyisakan satu pertandingan, Persija duduk di puncak dengan koleksi 59 angka, unggul satu poin dari PSM di posisi dua.

Pada Minggu 9 Desember 2018, Persija dan PSM melakoni pertandingan secara bersamaan. Persija menjamu Mitra Kukar di SUGBK, sedangkan PSM kedatangan PSMS Medan di Stadion Mattoangin.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini