nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dalam Bela Diri Judo, Kuncian Ramos ke Salah adalah Teknik Terlarang

Ezha Herdanu, Jurnalis · Rabu 30 Mei 2018 04:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 30 261 1904275 dalam-bela-diri-judo-kuncian-ramos-ke-salah-adalah-teknik-terlarang-uPp3zVfPIv.jpg Sergio Ramos dan Mohamed Salah (Foto: REUTERS)

LONDON – Sebuah insiden harus dialami oleh pemain andalan Liverpool, Mohamed Salah, ketika tampil di pertandingan final Liga Champions musim 2017-2018. Bahkan karena insiden tersebut, Salah harus menerima kenyataan tak bisa melanjutkan pertandingan.

Dalam pertandingan final Liga Champions 2017-2018 yang berlangsung di NSC Olimpiyskyi pada akhir pekan kemarin, Salah mendapatkan perlakuan kasar dari bek sekaligus kapten Real Madrid, yaitu Sergio Ramos.

Salah dan Ramos

Salah pun divonis mengalami cedera bahu yang cukup parah, sehingga tidak bisa melanjutkan pertandingan tersebut. Posisi Salah di tim inti Liverpool harus diganti oleh Adam Lallana tepatnya pada menit 30.

Baca Juga: Sergio Ramos Dituntut Rp16 Triliun karena Cederai Mohamed Salah

Meski pertandingan final Liga Champions 2017-2018 sudah berlalu dan Madrid yang keluar sebagai pemenang, aksi Ramos ke Salah masih menuai perdebatan. Bahkan salah satu pengacara asal Mesir melayangkan tuntutan sebesar Rp16 triliun kepada Ramos lantaran mencederai Salah.

Bahkan perserikatan seni bela diri Judo di Eropa juga ikut memberikan komentar terkait aksi Ramos kepada Salah. Dalam seni bela diri Judo, teknik kuncian Ramos kepada Salah tersebut kerap disebut Waki-gatame.

Mohamed Salah

Sekadar informasi dalam seni bela diri Judo, teknik Waki-gatame merupakan teknik yang illegal alias dilarang untuk digunakan. Bahkan dalam pertandingan resmi bela diri Judo, atlet bakal menerima hukuman berat jika menerapkan teknik tersebut.

Baca Juga: Salah Sebabkan Liverpool Sulit untuk Rekrut Alisson

“Waki-gatame merupakan sebuah teknik yang sangat berbahaya dalam seni bela diri kami (Judo). Itulah sebabnya teknik itu tak boleh digunakan di Judo untuk transisi ke gerakan ne-waza,” tulis pernyataan perserikatan bela diri Judo Eropa, seperti dikutip dari Express, Rabu (30/5/2018).

“Teknik kuncian yang dilakukan Sergio Ramos kepada Mo Salah sangat terlarang dalam judo. Akan tetapi dalam olahraga sepakbola cukup bagus untuk bisa memenangkan sebuah piala Liga Champions,” tuntas pernyataan tersebut.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini