nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gianluigi Buffon Beri Kejutan Sore Ini?

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 12:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 17 47 1899357 gianluigi-buffon-beri-kejutan-sore-ini-V5LJPkqdR9.jpg Buffon mungkin tinggalkan Juventus. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

TURIN – Penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon, akan mengumumkan masa depannya dalam sesi konferensi pers yang dilangsungkan pada Kamis (17/5/2018) sore WIB. Dalam sesi tersebut, ada dua opsi terkait masa depan penjaga gawang berusia 40 tahun itu.

Opsi pertama jelas, Buffon memutuskan pensiun dari dunia si kulit bulat yang telah membesarkan namanya. Semenjak tampil di tim senior pada musim 1995-1996, musim 2017-2018 bisa dibilang waktu yang tepat bagi Buffon untuk menutup kariernya.

Meski gagal meloloskan Timnas Italia tampil di Piala Dunia 2018, setidaknya eks suami dari Alena Saredova itu mampu mengantarkan Juventus menjadi kampiun Liga Italia dan Coppa Italia. Sementara itu, opsi kedua atau yang terakhir ialah menunda keputusan pensiun.

BACA JUGA: Buffon Tak Akan Pensiun Akhir Musim Ini

Akan tetapi, bukan berarti dengan menunda pensiun, Buffon tetap bertahan bersama Juventus. Buffon berpeluang membela klub lain di luar Italia. Setidaknya ada dua klub yang dikait-kaitkan dengan penjaga gawang berjuluk Superman itu.

Ragam Ekspresi Wajah Gianluigi Buffon dalam Konferensi Pers Timnas Italia

Kedua klub yang dimaksud ialah Boca Juniors dan Liverpool. Beberapa minggu yang lalu, Presiden Boca Juniors mengonfirmasi bahwa timnya sudah melakukan negosiasi dengan Buffon. Sementara itu dengan Liverpool, Buffon sempat membuka kemungkinan untuk membela klub Liga Inggris sebelum memutuskan pensiun.

Apalagi, Liverpool saat ini membutuhkan kiper berkualitas tinggi layaknya Buffon. Dua kiper The Reds –julukan Liverpool– saat ini, Loris Karius dan Simon Mignolet jelas tidak memiliki atribut setinggi Buffon.

Meski Sudah Tidak dalam Satu Tim, Buffon dan Bonuci Tetap Akur

Terlepas dari keputusan apa yang dibuat Buffon, jelas hal itu harus dihormati. Sebab sepanjang karier sepakbolanya, Buffon sudah menunjukkan sesuatu yang tak dimiliki semua pesepakbola lain: integritas dan kesetiaan.

BACA JUGA: Buffon Umumkan Masa Depannya pada Kamis

Terkait kesetiaan, Buffon menunjukkan kecintaannya terhadap Juventus. Pada akhir musim Liga Italia 2005-2006, Juventus dipastikan terdegradasi ke Serie B 2006-2007 karena terkena kasus calciopoli.

Alih-alih hengkang ke klub lain seperti pemain Juventus lainnya macam Fabio Cannavaro, Gianluca Zambrotta, Lilian Thuram, Emerson, Patrick Viera dan Zlatan Ibrahimovic, Buffon memilih bertahan dan bersedia mentas di Serie B. Keputusan yang bisa dibilang tepat.

Meski sempat mengalami masa-masa kelam bersama Juventus di periode 2006-2011, Juventus bangkit dalam tujuh musim terakhir dengan memenangi trofi Liga Italia. Total selama membela Juventus, Buffon memberikan 19 trofi dan sembilan di antaranya merupakan gelar Liga Italia.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini