Alasan Barcelona Ngebet Datangkan Coutinho

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 02:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 08 51 1841454 alasan-barcelona-ngebet-datangkan-coutinho-cpTvJeYxoW.jpg Philippe Coutinho (Foto: AFP)

BARCELONA – Dalam beberapa waktu ke depan, Philippe Coutinho, pada akahirnya akan resmi menjadi pemain anyar Barcelona. Pasalnya, klub pemilik Coutinho, Liverpool, telah menyepakati tawaran yang diajukan Barcelona untuk pemainnya tersebut senilai 142 juta pounds atau sekira Rp2,5 triliun.

Coutinho sendiri saat ini sudah berada di Barcelona dan akan melakukan sejumlah proses perpindahan pemain, seperti tes medis dan negosiasi personal, sebelum pada akhirnya menandatangani kontrak. Bila semuanya berjalan lancar, maka Coutinho pun akan menjadi pemain dengan nilai transfer termahal kedua di dunia, di bawah nilai transfer Neymar da Silva ke Paris Saint-Germain (PSG) dengan mahar 199,8 juta pounds.

(Baca juga: Valverde: Dembele Belum Siap Jadi Starting)

Seperti diketahui, Barcelona sudah membidik Coutinho sejak bursa transfer musim panas 2017, tepatnya setelah kepergian Neymar ke PSG. Meski banyak pihak yang berpendapat datangnya Coutinho adalah untuk menambah kekuatan Barcelona di lini tengah, namun klub berjuluk Blaugrana itu sendiri tak ingin menampik bahwa sang pemain juga bisa ditempatkan sebagai winger.

Di musim lalu dan musim-musim sebelumnya kala Neymar masih berseragam Barcelona, kekuatan lini serang mereka tak bisa dimungkiri sebagai salah satu yang mematikan di dunia, bersama dengan kehadrian Lionel Messi dan Luis Suarez. Namun, tak bisa pula ditampik bahwa sejak kepergian Neymar, Barcelona lebih sering mengandalkan Messi seorang untuk mengkreasikan peluang.

Meski Barcelona memiliki pemain yang digadang-gadang mampu menggantikan posisi Neymar, seperti Ousmane Dembele dan Gerard Deulofeu, namun performa kedua pemain tersebut sejauh ini bisa dibilang masih di bawah ekspektasi.

Seorang pengamat sepakbola Spanyol, Guillem Balague, menjelaskan bahwa kehadiran Coutinho sebagai winger kiri dapat mengatasi permasalahan Barcelona tersebut. Itulah sebabnya, ia menilai mengapa Barcelona sangat ngotot untuk bisa mendatangkan Coutinho, sekali pun dengan harga fantastis.

“Mengapa mereka menginginkan Coutinho? Itu merupakan sebuah situasi adaptasi. Mereka merasa dia bukan seorang gelandang dalam pandangan Barcelona, melainkan penyerang. Meskipun dia memiliki kualitas untuk menjadi seorang gelandang jika dia banyak bekerja tanpa bola,” ungkap Balague, mengutip dari Express, Senin (8/1/2018).

“Dia seorang penyerang yang kreatif di saat mereka tak memiliki banyak penyerang kreatif. Saat ini yang mereka butuhkan segera adalah pengganti Neymar, yang tidak mereka dapatkan itu pada bursa transfer musim panas (2017),” lanjut Balague.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini