nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sejarah Derby della Madonnina, Pertarungan Sengit Milan vs Inter

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Rabu 26 Juli 2017 21:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 26 51 1744581 sejarah-derby-della-madonnina-pertarungan-sengit-milan-vs-inter-5MuKecVBNq.jpg Derby della Madonnina antara AC Milan vs Inter Milan (Foto: Getty Images)

PERTEMUAN dua klub peserta Liga Italia antara AC Milan melawan Inter Milan disebut sebagai Derby della Madonnina. Laga derby itu menjadi salah satu derby terpanas di dataran Italia bahkan Eropa.

Derby della Madoninna bermula dari ketidakpuasan para pemain asing yang membela AC Milan lantaran lebih mengutamakan pemain berkebangsaan Italia. Akhirnya, sebagian pemain AC Milan memutuskan hengkang dan membentuk klub baru bernama Inter Milan pada 1908.

Laga Derby della Madoninna digelar untuk pertama kali pada 10 Januari 1909. Saat itu, Milan yang dianggap sebagai kaum pekerja mampu mengalahkan Inter dengan skor 3-2.

Pertemuan Milan melawan Inter menjadi duel penuh gengsi diadakan di stadion yang sama. Namun, kedua tim memiliki julukan tersendiri untuk stadion itu di mana Inter memberi nama Guiseppe Meaza dan pihak Milan menyebutnya dengan San Siro.

Kedua klub sekota sudah bertemu sebanyak 218 pertandingan di semua kompetisi resmi. Dari pertemuan itu, Inter lebih unggul dari Milan. I Nerazzurri -julukan Inter- telah meraih 77 kemenangan berbanding 75 kemenangan milik I Rossoneri -julukan Milan. Sisa laga kedua tim berakhir imbang sebanyak 66 laga.

Perjumpaan menarik dari Derby della Madoninna terjadi pada 1 Desember 1985 yang berakhir imbang dengan skor 2-2. Kala itu, Milan hampir mengalami kebangkrutan jelang laga ini. I Rossoneri gagal kembali menemukan performa terbaik setelah turun kasta ke Serie B Italia akibat skandal perjudian Totonero.

Pada 22 Maret 1998, Milan menelan kekalahan cukup telak dari Inter dengan skor 0-3. Selanjutnya, I Rossoneri mampu meraih kemenangan telak setengah lusin atas I Nerazzurri dengan skor 6-0 pada 11 Mei 2001.

Pertemuan terakhir Derby della Madoninna terjadi pada 15 April 2017. Kedua tim tampil sama kuat dan laga pun berakhir imbang dengan skor 2-2 di pentas Liga Italia 2016-2017.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini