Share

Rusia Batal Gabung AFC, Timnas Indonesia di Ambang Juara Piala AFF 2024 dan Buka Peluang Lolos Piala Dunia 2026

Ramdani Bur, Okezone · Rabu 25 Januari 2023 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 51 2752837 rusia-batal-gabung-afc-timnas-indonesia-di-ambang-juara-piala-aff-2024-dan-buka-peluang-lolos-piala-dunia-2026-yw8hMAZgn7.jpg Timnas Indonesia berpeluang juara Piala AFF 2024 dan buka peluang lolos Piala Dunia 2026. (Foto: VFF)

RUSIA kemungkinan besar batal gabung Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Kabar ini jelas menguntungkan Timnas Indonesia yang berambisi juara Piala AFF 2024 dan lolos Piala Dunia 2026.

Sejak 1 Maret 2022, sepakbola Rusia terkena hukuman dari FIFA dan UEFA, imbas invasi militer yang dilakukan Negeri Beruang Merah kepada Ukraina. Karena hukuman tersebut, Presiden Federasi Sepakbola Rusia (RFU), Aleksander Dyukov, membuka peluang membawa Rusia pindah ke AFC.

Timnas Rusia

(Timnas Rusia pilih bertahan di UEFA)

AFC dipilih karena secara geografis, Rusia berbatasan dengan sejumlah negara Asia. Selain itu, Rusia juga mempunyai hubungan baik dengan sejumlah negara Asia, salah satunya China.

“Beberapa bulan lalu, saya mengatakan ide untuk gabung AFC terlalu dini. Namun, sekarang merupakan kesempatan yang harus kami pertimbangkan,” kata Aleksander Dyukov mengutip dari The Thao 247 pada medio November 2022.

“Saya belum berbicara dengan AFC karena UEFA masih mengganggap kami bagian dari Eropa. Tidak sopan terlibat dalam negosiasi di belakang UEFA, namun itu (pindah ke AFC) merupakan kemungkinan yang sedang kami lihat,” lanjut Aleksander Dyukov.

Ternyata ucapan Aleksander Dyukov di atas hanya gertak sambal semata. Sebab, menurut laporan dari Kantor Berita Rusia, TASS, Wakil Presiden RFU Aleksandr Alaev, akan melakukan pertemuan dengan UEFA.

Follow Berita Okezone di Google News

Pertemuan ini merupakan permohonan agar Rusia bisa kembali berkompetisi di Benua Biru. Hal ini mengindikasikan Rusia tetap bertahan di UEFA, alih-alih membelot ke AFC.

Timnas Indonesia

Kabar di atas tentu menyenangkan bagi Timnas Indonesia dan negara Asia lain. Jika Rusia pindah ke Asia, negara Vladimir Putin itu diprediksi mengambil slot lolos wakil Asia ke Piala Dunia 2026.

Dengan kekuatan sepakbola yang mereka miliki, Rusia bisa mengungguli tim-tim kuat Asia seperti Jepang, Korea Selatan hingga Australia. Selain itu jika benar hengkang ke AFC, Rusia bisa jadi memilih AFF (Federasi Sepakbola Asia Tenggara) sebagai federasi yang mereka pilih.

Jika AFF yang dipilih, Rusia kemungkinan besar ambil bagian andai kata Piala AFF 2024 dimasukkan ke dalam agenda resmi FIFA. Andai Rusia ikut serta, peluang Timnas Indonesia juara Piala AFF 2024 mengecil bahkan cenderujng tertutup.

Karena itu, kabar bertahannya Rusia di UEFA merupakan kabar baik bagi Timnas Indonesia. Sekarang tugas PSSI dan seluruh stakeholder sepakbola Indonesia untuk membangun dan membentuk tim nasional sepakbola yang kuat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini