Share

Rusia Ingin Rujuk dengan UEFA, Timnas Indonesia Diuntungkan Sbornaya Gagal Merapat ke AFC?

Reinaldy Darius, Okezone · Rabu 25 Januari 2023 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 51 2752721 rusia-ingin-rujuk-dengan-uefa-timnas-indonesia-diuntungkan-sbornaya-gagal-merapat-ke-afc-xp4wSvUqQ4.jpg Timnas Rusia ingin kembali ke UEFA (Foto: Twitter/FIFAWorldCup)

RUSIA ingin rujuk dengan UEFA, Timnas Indonesia diuntungkan Sbornaya gagal merapat ke AFC. Persatuan Sepakbola Rusia (RFU) kabarnya telah melakukan pertemuan dengan Badan Sepakbola Eropa (UEFA) untuk bernegosiasi agar diperbolehkan kembali berkompetisi.

Sebelumnya, Rusia dilarang untuk berkompetisi di UEFA imbas dari invasi perang ke Ukraina. Hal ini pun membuat Sbornaya โ€“ julukan Timnas Rusia โ€“ didiskualifikasi dalam ajang Play-off Piala Dunia 2022 zona Eropa tahun lalu.

Timnas Rusia

Polandia, Swedia, dan Republik Ceko menyatakan keberatannya untuk bermain kontra Rusia di ajang play-off tersebut. Alhasil, UEFA pun mengambil tindakan tegas dan hingga kini Rusia masih belum bisa berlaga di ajang mana pun di bawah naungan UEFA.

Kini, sebagaimana dilansir Antara, Rabu (25/1/2023), Aleksandr Alaev selaku Wakil Presiden RFU dan Sekjen Maxim Mitrofanov melakukan pertemuan tatap muka dengan pejabat UEFA pada Selasa 24 Januari 2023 kemarin.

Keduanya sama-sama enggan membeberkan buah pertemuannya dengan UEFA. Namun, berdasarkan laporan Kantor Berita Rusia TASS, pertemuan lanjutan akan diadakan pada Februari.

Sebelumnya, ada kabar bahwa Rusia akan merapat ke Asosiasi Sepakbola Asia (AFC). Aleksandr Dyukov pada saat itu membuka kemungkinan untuk menerima hal itu.

โ€œBeberapa bulan lalu, saya mengatakan bahwa ide gabung AFC terlalu dini. Namun, sekarang merupakan kesempatan yang perlu dipertimbangkan,โ€ tandasnya, dilansir dari The Thao yang dilaporkan pada 29 November 2022.

Namun pada akhir tahun 2022, RFU memastikan bahwa mereka ingin kembali ke UEFA. Mereka bertujuan untuk ambil bagian dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Kesehatan Prima sebagai kunci menyambut tahun kelinci

Follow Berita Okezone di Google News

โ€œKami memang mempertimbangkan kemungkinan kembali ke kompetisi UEFA sesegera mungkin. Itu penting bagi kami untuk ambil bagian dalam kualifikasi Piala Dunia 2026,โ€ kata Dyukov, dilansir Moscow Times.

Timnas Rusia

Keputusan Rusia untuk tetap berada di UEFA mungkin bisa menjadi kabar baik untuk Timnas Indonesia. Sebab, dengan demikian, setidaknya ada satu kuota yang tidak diambil oleh Rusia pada ajang-ajang AFC seperti Piala Asia atau kualifikasi Piala Dunia.

Pada saat ini, Timnas Indonesia sendiri akan tampil di Piala Asia 2023 mendatang. Ini merupakan penampilan perdana Garuda โ€“ julukan Timnas Indonesia โ€“ di ajang kontinental tersebut sejak 2007 silam.โ€ƒ

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini