Share

5 Negara Besar yang Bisa Ambil Bagian jika Piala AFF 2024 Masuk Agenda Resmi FIFA, Nomor 1 Peserta Piala Dunia 2022!

Dimas Khaidar, Okezone · Senin 23 Januari 2023 06:21 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 51 2751176 5-negara-besar-yang-bisa-ambil-bagian-jika-piala-aff-2024-masuk-agenda-resmi-fifa-nomor-1-peserta-piala-dunia-2022-TVWfqMk88e.jpg Berikut 5 negara besar yang bisa ambil bagian di Piala AFF 2024 (Foto: Reuters)

SEBANYAK 5 negara besar yang bisa ambil bagian jika Piala AFF 2024 masuk agenda resmi FIFA akan Anda ketahui dalam artikel Okezone. FIFA berencana untuk memasukkan Piala AFF ke dalam kalender tahunan mereka.

Hal tersebut diucapkan langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino ketika hadir di partai final Piala AFF 2022 lalu antara Thailand kontra Vietnam. Menurut Infantino, ajang Piala AFF harus dikembangkan dengan masuk ke dalam agenda FIFA.

Melihat hal tersebut, besar kemungkinan jika Piala AFF 2024 akan masuk ke dalam agenda tahunan FIFA. Lantas, negara besar mana sajakah yang bisa ambil bagian di Piala AFF 2024?

Berikut 5 Negara Besar yang Bisa Ambil Bagian jika Piala AFF 2024 Masuk Agenda Resmi FIFA

5. India

Timnas India

Urutan kelima dalam daftar kali ini adalah India. Diketahui, India dalam beberapa tahun terakhir memiliki rencana untuk meninggalkan Federasi Sepakbola Asia Selatan (SAFF) dan bergabung dengan AFF.

Keputusan tersebut diambil India lantaran SAFF tidak memiliki kompetisi yang cukup kompetitif. Hal itu pun berujung dengan ranking India di FIFA yang saat ini menempati peringkat ke-106 dunia.

4. Afghanistan

Timnas Afghanistan

Selanjutnya adalah Afghanistan. Sebelumnya, Afganistan diketahui telah meninggalkan Federasi Sepakbola Asia Barat (WAFF) dan bergabung dengan SAFF pada 2005 silam.

Namun kini, Afganistan tercatat sebagai anggota Federasi Sepakbola Asia Tengah (CAFA) sejak 2015. Melihat hal tersebut, bukan tidak mungkin bagi Afganistan akan pindah ke Asia Tenggara jika Piala AFF masuk ke dalam agenda FIFA.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Belarusia

Timnas Belarusia

Berikutnya adalah Belarusia. Belarusia mendapat larangan tampil dari FIFA dan UEFA lantaran memberikan dukungan kepada Rusia terkait invasi ke Ukraina.

Melihat hal tersebut, Belarusia pun diketahui ingin pindah ke Asia. Tentunya, bukan tidak mungkin Belarusia akan memilih AFF dari lima Federasi sepakbola yang ada di Asia. Diketahui, saat ini Belarusia tengah bertengger di peringkat ke-97 dunia.

2. Rusia

Timnas Rusia

Sama halnya seperti Belarusia, Rusia juga mendapat larangan bertanding dari UEFA dan FIFA akibat invasi militer mereka ke Ukraina. Melihat hal itu, Rusia pun memiliki niat untuk pindah ke Asia.

Jika pindah ke Asia, bukan tidak mungkin Rusia akan menjadi salah satu tim di AFF. Apabila itu benar terjadi, maka Piala AFF pun akan semakin meningkat mengingat Rusia merupakan salah satu negara kuat di sepakbola.

1. Australia

Timnas Australia

Terakhir adalah negara tetangga Indonesia, Australia. Australia telah resmi bergabung dengan AFF sejak 2013 lalu.

Kendati begitu, Australia tidak pernah berpartisipasi di Piala AFF senior. Jika Piala AFF 2024 mendatang masuk ke dalam agenda FIFA, Australia diprediksi akan menjadi salah satu pesertanya.

Hal itu disebabkan poin untuk ranking FIFA yang akan didapat dari kompetisi tersebut bisa membantu The Socceroos -julukan Australia- meningkat. Saat ini, Australia tengah berada di posisi ke-27 dunia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini