Share

5 Legenda Pesepakbola Dunia yang Tidak Pernah Berkarier di Eropa, Nomor 1 Pele!

Dimas Khaidar, Okezone · Selasa 03 Januari 2023 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 03 51 2739562 5-legenda-pesepakbola-dunia-yang-tidak-pernah-berkarier-di-eropa-nomor-1-pele-mC2o4LmmP8.jpg 5 legenda pesepakbola dunia yang tak pernah berkarier di Eropa (Foto: Reuters)

SEBANYAK 5 legenda pesepakbola dunia yang tidak pernah berkarier di Eropa akan diulas Okezone. Banyak legenda-legenda sepakbola yang menjadi ikon usai memiliki prestasi gemilang selama kariernya.

Banyak para legenda lahir ketika berkarier di Eropa. Tentunya, mereka membela klub-klub terbaik Benua Biru seperti Manchester United, Real Madrid, Barcelona, AC Milan, dan lain sebagainya.

Namun, terdapat lima legenda pesepakbola dunia yang tidak pernah berkarier di Eropa. Siapa sajakah mereka?

Berikut 5 Legenda Pesepakbola Dunia yang Tidak Pernah Berkarier di Eropa

5. Garrincha

Garrincha

Urutan kelima dalam daftar legenda pesepakbola dunia yang tidak pernah berkarier di Eropa adalah Garrincha. Garrincha merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Timnas Brasil.

Berposisi sebagai penyerang, Garrincha tampil sebagai ujung tombak andalan Timnas Brasil pada Piala Dunia 1958. Kala itu, ia mencetak dua gol di partai final kala Selecao -julukan Brasil- menghajar Swedia 5-2.

Ia juga menjadi bagian dalam kesuksesan Timnas Brasil di Piala Dunia 1962. Sementara di level klub, Garrincha menghabiskan kariernya di Liga Brasil bersama Botafogo, Flamengo, hingga Corinthians.

4. Ricardo Bochini

Ricardo Bochini

Berikutnya merupakan salah satu pemain andalan Timnas Argentina di masanya, Ricardo Bochini. Bochini disebut-sebut sebagai pemain terbaik dalam sejarah La Albiceleste -julukan Argentina- sebelum era Diego Maradona.

Menariknya, Bochini hanya membela satu klub selama berkarier sebagai pemain sepakbola. Klub tersebut adalah Independiente. Tercatat, Bochini telah tampil sebanyak 634 pertandingan dan mengoleksi 97 gol.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Yasuhito Endo

Yasuhito Endo

Selanjutnya adalah legenda sepakbola di Asia, Yasuhito Endo. Endo mengawali kariernya di Liga Jepang bersama Yokohama Flugels.

Sempat berlabuh ke Kyoto Sanga, Endo kemudian menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Gamba Osaka. Di Gamba Osaka, ia tercatat tampil lebih dari 500 pertandingan selama 19 tahun.

Diketahui, Endo telah tampil sebanyak 894 pertandingan dan mengoleksi 137 gol serta 181 assist. Sementara bersama Timnas Jepang, ia mencatatkan 152 caps.

2. Carlos Alberto

Carlos Alberto

Kembali ke Timnas Brasil, terdapat salah satu legenda Selecao yang juga tidak pernah berkarier di Eropa. Ia adalah pemain yang berposisi sebagai bek sayap, Carlos Alberto.

Carlos Alberto merupakan kapten Timnas Brasil ketika menjadi juara di Piala Dunia 1970. Selama berkarier sebagai pemain sepakbola, Alberto pernah membela Santos, Fluminense, dan Flamengo.

Ia juga pernah berkarier di Liga Amerika Serikat bersama New York Cosmos dan California Surf sebelum memutuskan pensiun pada 1982. Meski berposisi sebagai pemain bertahan, Alberto memiliki koleksi gol yang cukup banyak yakni 72 gol untuk klub dan negara.

1. Pele

Pele

Terakhir tentu para pencinta sepakbola dunia sudah tidak asing lagi dengan namanya. Ya, Pele diketahui merupakan salah satu legenda sepakbola yang tidak pernah berkarier di Eropa.

Pele dianggap sebagai ikon sepakbola dunia berkat kegemilangannya kala masih aktif sebagai pemain. Ia juga merupakan satu-satunya pesepakbola yang sukses meraih tiga trofi Piala Dunia bersama Timnas Brasil.

Tercatat selama membela Selecao, Pele telah mengoleksi 77 gol dan 21 assist. Sementara di level klub, ia menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Santos dan mempersembahkan banyak gelar.

Pele kemudian menghabiskan dua tahun terakhirnya sebagai pesepakbola di Liga Amerika Serikat bersama New York Cosmos. Ia akhirnya memutuskan untuk pensiun pada 1977 silam.

1
3
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini